Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/07/2013, 17:49 WIB
Wardah Fazriyati

Penulis

KOMPAS.com - Aplikasi belanja online lewat ponsel pintar alias mobile shopping menjadi tren belakangan. Kini belanja ragam kebutuhan, termasuk fashion, semakin mudah saja cukup menggunakan ponsel pintar di tangan.

Sejumlah pusat belanja online merilis aplikasi mobile shopping memaksimalkan fungsi smartphone Android, iPhone, juga BlackBerry.

Kurang lebih tiga bulan lalu, situs belanja online produk fashion, Zalora Indonesia, merilis aplikasi belanja online di iPhone. Mobile shopping semakin mudah karena Zalora Indonesia kemudian mengembangkan aplikasi belanja online di Android yang tercatat memiliki banyak pengguna di Indonesia dibandingkan iPhone. Tak lama lagi, Zalora berencana merilis aplikasi mobile shopping di BlackBerry.

"Aplikasi mobile shopping di iPhone lebih mudah ketimbang Android. Namun memang pengguna Android lebih banyak dibandingkan iPhone di Indonesia. Tapi di luar dugaan, aplikasi mobile shopping di iPhone paling tinggi aksesnya di Indonesia dibanding negara lain di Asia Tenggara," tutur Hadi Wenas,  Managing Director & Co-Founder Zalora Indonesia, saat peluncuran Zalora Android App pada 18 Juli 2013 lalu di Jakarta.

Fakta menariknya, Zalora yang meraih rekor MURI Indonesia sebagai Situs Perdagangan Fashion Terbesar di Indonesia, menggaet animo pengguna Android dalam waktu singkat untuk menggunakan aplikasi mobile shopping ini.

Dalam waktu kurang dari lima hari sejak peluncurannya, lebih dari 50.000 pengguna Android telah mengunduh ZALORA Android App. Pencapaian ini sekaligus menjadikan aplikasi mobile shopping di Android berada pada urutan tiga tertinggi yang paling diminati untuk kategori aplikasi belanja di enam negara Asia.

Jika Zalora masih menyiapkan aplikasi mobile shopping di BlackBerry, department store online Lojai.com berinovasi lebih awal untuk menghadirkan aplikasi mobile shopping di BlackBerry pada awal Juli 2013.

“Boleh dibilang, ini adalah mobile apps pertama yang memungkinkan konsumen membeli dengan cicilan yang disesuaikan dengan kemampuan bayar konsumen. Konsumen tak harus konfirmasi lewat telepon untuk minta diubah menjadi cicilan. Semuanya bisa dilakukan secara online dalam sekali klik, termasuk cicilan motor. Praktis,” tutur Agus Tjandra, CEO sekaligus pendiri Lojai.com dalam siaran persnya.

Jauh sebelumnya, pada akhir 2012, Lojai.com merilis aplikasi belanja online di Android. Agus optimistis, trafik mobile shopping di Android dan BlackBerry semakin tinggi pada 2013 ini. Ia bahkan meyakini, lima tahun ke depan, setengah dari pebelanja online  memilih mobile shopping dengan ponsel pintar untuk memenuhi kebutuhan mereka.

"Pasar kelas menengah di Indonesia akan terus berkembang, demikian juga kepemilikan terhadap ponsel pintar akan mendorong masyarakat belanja online langsung dari ponsel, tanpa harus melalui komputer pribadi,” ujarnya.

BlackBerry jadi favorit
Dari tiga smartphone yang kini memiliki aplikasi mobile shopping, bisa dibilang BlackBerry menjadi primadonanya. Tentunya hal ini tak lepas dari banyaknya jumlah pengguna BlackBerry di Indonesia.

Tren belanja online di BlackBerry juga didukung data bahwa beberapa tahun terakhir, BlackBerry masih mencatat pertumbuhan yang mengesankan di Indonesia. Hasil riset dari The International Data Corporation (IDC) menunjukkan bahwa Indonesia merupakan negara dengan jumlah pengguna BlackBerry terbesar ketiga dunia tahun 2012. Jumlah pengguna BlackBerry di Indonesia hanya kalah dari Amerika Serikat dan Britania Raya. Sementara itu, ABI Research melalui datanya mengungkapkan bahwa pada 2012, BlackBerry menguasai hampir 50 persen penjualan ponsel pintar di Indonesia.

“Jadi tidak salah kalau Lojai.com memutuskan merilis aplikasi belanja di BlackBerry karena memang potensinya masih besar,” ujar Agus.

Untuk membedakan dengan belanja online di BlackBerry lainnya, Lojai.com juga memberikan penawaran khas. Yakni konsumen bisa melakukan pembelian menggunakan beragam
kartu kredit yang menjalin kerja sama dengan Lojai.com.

“Dengan aplikasi ini, belanja mobile lebih solid, mudah dan praktis. Konsumen bisa mengatur cicilan ringan sehingga memudahkan mereka mengelola keuangan saat belanja,” klaim Agus.

Jika ragam aplikasi juga penawaran sudah tersedia, kini pilihan di tangan Anda. Mana yang lebih memudahkan dan menarik untuk Anda, belanja online di iPhone, BlackBerry atau Android?

Baca juga:
Digemari, Belanja "Online" dengan Cicilan
Belanja "Online" Sentuhan Personal ala Zalora
Belanja "Online" dengan Cicilan 12 Kali

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com