Tren Belanja "Online" di Ponsel Pintar

Kompas.com - 23/07/2013, 17:49 WIB
Mobile shopping semakin jadi pilihan. SHUTTERSTOCKMobile shopping semakin jadi pilihan.
|
EditorWawa
KOMPAS.com - Aplikasi belanja online lewat ponsel pintar alias mobile shopping menjadi tren belakangan. Kini belanja ragam kebutuhan, termasuk fashion, semakin mudah saja cukup menggunakan ponsel pintar di tangan.

Sejumlah pusat belanja online merilis aplikasi mobile shopping memaksimalkan fungsi smartphone Android, iPhone, juga BlackBerry.

Kurang lebih tiga bulan lalu, situs belanja online produk fashion, Zalora Indonesia, merilis aplikasi belanja online di iPhone. Mobile shopping semakin mudah karena Zalora Indonesia kemudian mengembangkan aplikasi belanja online di Android yang tercatat memiliki banyak pengguna di Indonesia dibandingkan iPhone. Tak lama lagi, Zalora berencana merilis aplikasi mobile shopping di BlackBerry.

"Aplikasi mobile shopping di iPhone lebih mudah ketimbang Android. Namun memang pengguna Android lebih banyak dibandingkan iPhone di Indonesia. Tapi di luar dugaan, aplikasi mobile shopping di iPhone paling tinggi aksesnya di Indonesia dibanding negara lain di Asia Tenggara," tutur Hadi Wenas,  Managing Director & Co-Founder Zalora Indonesia, saat peluncuran Zalora Android App pada 18 Juli 2013 lalu di Jakarta.

Fakta menariknya, Zalora yang meraih rekor MURI Indonesia sebagai Situs Perdagangan Fashion Terbesar di Indonesia, menggaet animo pengguna Android dalam waktu singkat untuk menggunakan aplikasi mobile shopping ini.

Dalam waktu kurang dari lima hari sejak peluncurannya, lebih dari 50.000 pengguna Android telah mengunduh ZALORA Android App. Pencapaian ini sekaligus menjadikan aplikasi mobile shopping di Android berada pada urutan tiga tertinggi yang paling diminati untuk kategori aplikasi belanja di enam negara Asia.

Jika Zalora masih menyiapkan aplikasi mobile shopping di BlackBerry, department store online Lojai.com berinovasi lebih awal untuk menghadirkan aplikasi mobile shopping di BlackBerry pada awal Juli 2013.

“Boleh dibilang, ini adalah mobile apps pertama yang memungkinkan konsumen membeli dengan cicilan yang disesuaikan dengan kemampuan bayar konsumen. Konsumen tak harus konfirmasi lewat telepon untuk minta diubah menjadi cicilan. Semuanya bisa dilakukan secara online dalam sekali klik, termasuk cicilan motor. Praktis,” tutur Agus Tjandra, CEO sekaligus pendiri Lojai.com dalam siaran persnya.

Jauh sebelumnya, pada akhir 2012, Lojai.com merilis aplikasi belanja online di Android. Agus optimistis, trafik mobile shopping di Android dan BlackBerry semakin tinggi pada 2013 ini. Ia bahkan meyakini, lima tahun ke depan, setengah dari pebelanja online  memilih mobile shopping dengan ponsel pintar untuk memenuhi kebutuhan mereka.

"Pasar kelas menengah di Indonesia akan terus berkembang, demikian juga kepemilikan terhadap ponsel pintar akan mendorong masyarakat belanja online langsung dari ponsel, tanpa harus melalui komputer pribadi,” ujarnya.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X