Lancar Berpuasa Bagi Penderita Maag - Kompas.com

Lancar Berpuasa Bagi Penderita Maag

Kompas.com - 26/07/2013, 10:06 WIB
shutterstock

Kompas.com -
Menderita penyakit maag tentu bukan penghalang atau alasan bagi untuk tidak menjalankan ibadah puasa. Penderita maag bisa menjalankan ibadah puasanya sampai akhir bulan puasa dengan kiat yang tepat.

Perut kosong, tentu menjadi mimpi buruk bagi penderita maag kaerna perut kosong akan mengakibatkan nyeri dan sakit pada lambung. Sebelum penderita maag melakukan ibadah puasa, lebih baik anda konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter apakah dapat menjalakan proses puasa dengan penuh atau tidak.

Untuk pola makan penderita maag dan dengan mereka yang sehat, tidak terlalu berbeda, hanya ada beberapa hal yang perlu di perhatikan. Berikut hal yang perlu di ketahui bagi penderita maag dalam menjalankan ibadah puasa:

- Hindari kopi atau minuman bersoda

- Hindari mengonsumsi makanan yang bersifat merangsang atau memicu pengeluaran asam lambung. Contoh, makanan yang asam dan pedas.

- Hindari makanan yang menimbulkan gas dalam lambung, seperti kol dan sawi.

- Kurangi atau bahkan hindari penggunaan bahan tambahan atau bumbu-bumbu yang merangsang, seperti lada, cabai, cuka, dan asam.

- Konsultasikan dengan dokter, apabila di perlukan untuk mengkonsumsi obat yang dapat mengendalikan kadar asam yang berlebih pada lambung.

Sumber: www.tipsdokter.com


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
EditorLusia Kus Anna

Close Ads X