Kompas.com - 26/07/2013, 16:18 WIB
shutterstock
|
EditorFelicitas Harmandini

KOMPAS.comTidur diketahui memiliki banyak manfaat, dari menjaga tubuh tetap sehat, hingga membuat kulit tetap cerah. Kini, para peneliti telah membuktikan hubungan antara kurang tidur dan tanda-tanda penuaan.

Studi yang dilakukan oleh University Hospital Case Medical Centre di Ohio menemukan bahwa rendahnya kualitas tidur akan menghilangkan 30 persen air lebih banyak dalam 72 jam setelah kulit mengalami gangguan, seperti terkena paparan sinar matahari.

Mereka yang kurang tidur juga memiliki tanda-tanda penuaan dua kali lebih banyak, seperti garis-garis halus, kurangnya elastisitas pada kulit, pigmentasi tidak merata, serta pemulihan akibat sengatan matahari yang lebih lambat. Secara keseluruhan mereka kurang puas dengan penampilan kulit mereka.

Catabolysis adalah proses pemurnian alami yang membantu sel-sel kulit menghilangkan kotoran dari dalam, yang dapat menyebabkan kerusakan sel. Penuaan kulit juga bisa disebabkan oleh stres akibat lingkungan, yang menyebabkan kerusakan sel dan mencegah sel-sel berfungsi secara efektif.

Sel-sel kulit pada seluruh tubuh manusia memiliki ritme alami 24 jam, melindungi diri di siang hari, dan memperbaiki diri di malam hari.

Penelitian yang digelar oleh kosmetik Estee Lauder ini pertama kali menunjukkan bahwa Catabolysis berada pada puncaknya di malam hari, menyesuaikan irama tubuh kita. Seiring pertambahan usia, proses ini menjadi kurang efisien.

Sel-sel kulit yang sehat memaksimalkan perbaikan alami di malam hari. Bagi Anda yang mengalami masalah kurang tidur yang kronis, tentu hal ini akan mempengaruhi penampilan kulit Anda.



Sumber Dailymail
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X