Kompas.com - 30/07/2013, 11:36 WIB
Para perempuan muda yang berpengaruh lewat blog-nya: Tavi Gevinson, Uzoamaka Maduka, Kathryn Minshew, dan Evita Nuh. FORBES/BACKTOCURLY/BLOGSPOTPara perempuan muda yang berpengaruh lewat blog-nya: Tavi Gevinson, Uzoamaka Maduka, Kathryn Minshew, dan Evita Nuh.
Penulis Rahman Indra
|
EditorFelicitas Harmandini
KOMPAS.com — Di dunia internet dan digital, sejumlah nama perempuan muda muncul memberi pengaruh yang tak kalah besarnya seperti pria. Beberapa di antara mereka justru bergerak lewat hal yang mungkin sederhana, seperti blog, lalu menjadi situs yang kemudian tampil menarik.

Jika Anda punya blog tapi kerap terlantar, contohlah aksi perempuan-perempuan mengesankan ini.

Tavi Gevinson. Usianya baru 16 tahun, tetapi Tavi sudah terkenal lewat blog dan majalah fashion yang dikelolanya, bernama Rookie. Tahun ini menjadi tahun kedua namanya kembali masuk dalam daftar anak muda berpengaruh versi Forbes, "30 Under 30", untuk kategori Media.

Meski kesehariannya dihabiskan di bangku sekolah menengah, Tavi di akhir pekan akan menjadi pemilik dan sekaligus pemimpin redaksi untuk Rookie yang mencuri perhatian. Dia juga disebut-sebut sebagai teman baik editor majalah Vogue, Anna Wintour, dan host This American Life, Ira Glass.

Yang mau tahu gebrakannya di dunia fashion, coba buka halaman situs Rookie. Di sana, Tavi memberikan warna baru dalam dunia fashion. Tulisan-tulisan yang atraktif dan kreatif versi Tavi tiada duanya, dan sangat menginspirasi.

Selan Tavi, ada Uzoamaka Maduka (25), pendiri sekaligus pemimpin redaksi untuk The American Reader. Majalah sastra yang memberi semangat pada anak-anak muda ini pun mencuri perhatian dunia. Perempuan Amerika-Nigeria lulusan Universitas Princeton ini dianggap mampu menularkan bacaan berkualitas untuk anak muda.

Lalu ada Kathryn Minshew (27), yang menawarkan hal yang berbeda. Ia pendiri sekaligus CEO The Daily Muse, platform untuk pengembangan karier bagi profesional muda. Sebelumnya ia bekerja untuk pengembangan akses vaksin di Afrika bersama Clinton Health Initiative. Lewat The Daily Muse, ia memberi manfaat untuk lebih banyak orang dalam cara yang berbeda.

Lewat situs Brain Pickings, Maria Popova (28) menawarkan kecerdasan yang tak biasa. Ia adalah orang yang berada di balik pembuatan situs dengan konten yang menarik dan padat berisi. Brain Pickings awalnya bersifat mingguan,  dan berinteraksi dengan sesama teman saja. Sekarang situs ini sudah hampir mencapai satu juta pembaca.

Perempuan-perempuan ini bersanding di antara dominasi pria yang sukses memberi pengaruh lewat media digital, seperti pendiri Tumblr, editor, kolumnis, hingga pembawa berita televisi. Menariknya, mereka muncul dari bukan siapa-siapa, tanpa orang dekat yang punya pengaruh besar di media. Justru orang-oranglah yang menemukan mereka.

Nama anak-anak muda berpengaruh lewat media ini dipilih oleh para juri yang tergolong ahli di bidangnya. Di antaranya ada Alex Leo dari Reuters.

Di luar nama-nama yang dirilis Forbes itu, Indonesia pun sebenarnya ada satu nama fashion bloger yang juga sedang naik daun dan mencuri perhatian. Dia juga pernah disejajarkan dengan Tavi Gevinson karena masih sama-sama belia.

Namanya Evita Nuh, usianya baru 14 tahun. Lewat blog-nya, jellyjellybeans.blogspot.com, ia menjadi terkenal dan pernah diulas dalam majalah bergengsi internasional seperti Grazia terbitan Italia. Evita merilis lini busana sendiri di bawah nama Little Nuh dan pernah dipajang di The Goods Dept. Mulai bulan Juli ini ia juga menjadi kolumnis untuk majalah Go Girl!. Mengesankan, bukan?



Sumber Forbes
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X