Kompas.com - 31/07/2013, 14:45 WIB
Beatrice Ang, sering dikira masih SMP. KOMPAS/WAWAN H PRABOWOBeatrice Ang, sering dikira masih SMP.
EditorFelicitas Harmandini
KOMPAS.com - Di tempat praktiknya, Beatrice Ang (26) tampil cantik dengan mengenakan sepatu berhak tinggi. Praktiknya memang di tempat elite, di FHL Dental Clinic, Gedung BRI II Jalan Sudirman, juga di H2E Dental Clinic, Menara Kuningan.

Namun, gadis bersapaan Bea ini juga turun ke jalan dan menemui pasien pemulung di belantara beton Jakarta. Kadang dia juga blusukan menyapa pasien di pelosok Nusa Tenggara Timur (NTT).

Menghadapi pasien dari kalangan urban Jakarta, Beatrice suka menerima permintaan ”aneh-aneh”. Ada pasien yang tiba-tiba meminta agar giginya dibuat menjadi seperti gigi kelinci. Itu lho, yang seperti gigi milik tokoh utama Bella Swan dalam film Twilight yang diperankan Kristen Stewart.

Butuh kesabaran ekstratinggi untuk mendengarkan, melayani, lalu membuatkan model gigi kelinci. Jika si pasien berkenan, proses veneer atau melapisi gigi dengan porselen pun segera dilakukan. Trennya, pasien di Jakarta cenderung ingin giginya dibuat seindah gigi bintang Hollywood. Semakin aneh permintaan pasien, keahlian sebagai dokter gigi makin terasah.

Pasien lainnya meminta agar gigi taringnya dibuat tajam dan runcing. Sama persis seperti gigi Bea yang memang tampil mencolok karena runcing tajam di bagian taringnya. Gigi pasien pun lantas diasah untuk dudukan tambalan veneer.

”Kalau saya sendiri malah suka yang alami. Natural,” kata dokter gigi bernama lengkap Agnes Beatrice Angliwarman ini.

Kealamian itu antara lain juga tampak dari alisnya yang dibiarkan tumbuh tebal. ”Orang sering geregetan kalau saya dandan. Mereka pengin nyukur alis saya. Lebih bagus natural. Apa adanya,” ujar Bea, pemilik mata bulat besar ini.

Ingin lebih nyentrik? Layanan estetika gigi, seperti pemasangan berlian di gigi, pun bisa dilakukan. Kebanyakan pasien perkotaan menginginkan perawatan sederhana untuk memutihkan gigi dengan whitening atau bleaching.

”Mengasyikkan jadi dokter gigi. Perasaan kita jadi senang kalau pasien puas dan giginya bagus. Tiap kali senyum pasti dilihat giginya,” kata Bea.

Di sela-sela melayani pasien, ketenangan pun bisa diraih ketika lagu-lagu Michael Buble kegemaran Bea mengalun.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X