Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/08/2013, 14:10 WIB
Wardah Fazriyati

Penulis

KOMPAS.com - Boleh saja mengikuti tren rambut terkini, seperti mengeriting rambut atau mengganti tata rambut ikal bergaya Korea atau Jepang, namun sebaiknya perhatikan aturan mainnya. Jangan sampai keinginan untuk tampil beda dengan rambut keriting/ikal merusak kesehatan rambut Anda.

Lazuardi Indra Tanudarma, Education Manager L’Oreal Professionnel mengatakan pengeritingan rambut membutuhkan upaya. Ia menyarankan, jika berani mengeriting rambut, sebaiknya Anda juga berani menggunakan produk styling, baik untuk menciptakan hasil maksimal dalam pengeritingan, maupun untuk perawatan hariannya.

"Pengeritingan dan produk styling tidak merusak rambut selama pemakaiannya benar dan perawatan hariannya juga baik," ungkap Indra di sela peluncuran "Korean City Style – Hair Texture Collection 2013" LÓreal Professionnel di LÓreal Academy, Kuningan, Jakarta, Kamis (1/8/2013).

Indra juga menyarankan, untuk rambut yang pernah diwarnai sebaiknya perlu lebih hati-hati. Jika Anda pernah mewarnai rambut, 2-3 kali, pengeritingan masih aman dilakukan. Namun, jika dalam pewarnaan rambut Anda pernah menggunakan bleaching, sebaiknya jangan mengeriting rambut.

"Rambut yang diwarnai masih aman dikeriting asal jangan di-bleaching. Rambut yang pernah di-bleaching jika dikeriting akan mudah patah," jelasnya.

Satu hal lagi yang perlu diperhatikan adalah jika Anda mewarnai rambut dengan hena, sebaiknya batalkan niat Anda mengeriting rambut.

"Ada elemen di hena yang jika tercampur dengan bahan pengeritingan rambut bisa membuat rambut panas bahkan putus," ungkapnya.

Yang juga tak boleh dilupakan adalah perawatan rambut setelah pengeritingan. Selain rutin mencuci rambut dengan produk sampo dan kondisioner yang tepat, penggunakan produk styling juga bisa membantu merawat rambut.

Indra menyebutkan produk styling paling dasar yang patut dimiliki berupa oil, foam atau mousse. Jika oil lebih berfungsi melembabkan batang rambut, foam atau mousse bisa membantu Anda dalam menata rambut keriting agar tetap terlihat natural.

"Gunakan oil, foam atau mousse setelah keramas dalam keadaan rambut setengah basah atau lembab," sarannya.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com