Kompas.com - 02/08/2013, 14:10 WIB
|
EditorWawa
KOMPAS.com - Boleh saja mengikuti tren rambut terkini, seperti mengeriting rambut atau mengganti tata rambut ikal bergaya Korea atau Jepang, namun sebaiknya perhatikan aturan mainnya. Jangan sampai keinginan untuk tampil beda dengan rambut keriting/ikal merusak kesehatan rambut Anda.

Lazuardi Indra Tanudarma, Education Manager L’Oreal Professionnel mengatakan pengeritingan rambut membutuhkan upaya. Ia menyarankan, jika berani mengeriting rambut, sebaiknya Anda juga berani menggunakan produk styling, baik untuk menciptakan hasil maksimal dalam pengeritingan, maupun untuk perawatan hariannya.

"Pengeritingan dan produk styling tidak merusak rambut selama pemakaiannya benar dan perawatan hariannya juga baik," ungkap Indra di sela peluncuran "Korean City Style – Hair Texture Collection 2013" LÓreal Professionnel di LÓreal Academy, Kuningan, Jakarta, Kamis (1/8/2013).

Indra juga menyarankan, untuk rambut yang pernah diwarnai sebaiknya perlu lebih hati-hati. Jika Anda pernah mewarnai rambut, 2-3 kali, pengeritingan masih aman dilakukan. Namun, jika dalam pewarnaan rambut Anda pernah menggunakan bleaching, sebaiknya jangan mengeriting rambut.

"Rambut yang diwarnai masih aman dikeriting asal jangan di-bleaching. Rambut yang pernah di-bleaching jika dikeriting akan mudah patah," jelasnya.

Satu hal lagi yang perlu diperhatikan adalah jika Anda mewarnai rambut dengan hena, sebaiknya batalkan niat Anda mengeriting rambut.

"Ada elemen di hena yang jika tercampur dengan bahan pengeritingan rambut bisa membuat rambut panas bahkan putus," ungkapnya.

Yang juga tak boleh dilupakan adalah perawatan rambut setelah pengeritingan. Selain rutin mencuci rambut dengan produk sampo dan kondisioner yang tepat, penggunakan produk styling juga bisa membantu merawat rambut.

Indra menyebutkan produk styling paling dasar yang patut dimiliki berupa oil, foam atau mousse. Jika oil lebih berfungsi melembabkan batang rambut, foam atau mousse bisa membantu Anda dalam menata rambut keriting agar tetap terlihat natural.

"Gunakan oil, foam atau mousse setelah keramas dalam keadaan rambut setengah basah atau lembab," sarannya.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.