Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/08/2013, 12:51 WIB
Christina Andhika Setyanti

Penulis

KOMPAS.com - Sebagai alternatif membuat aneka makanan pencuci mulut yang segar, agar-agar dan jeli bubuk bisa diolah menjadi puding atau mousse yang lembut. Namun, untuk hasil yang lebih lembut, pilihan yang paling tepat adalah dengan menggunakan gelatin.

"Gelatin tersedia dalam dua varian, yaitu lembaran dan bubuk. Namun yang paling mudah dipakai adalah yang bubuk," ungkap Chef Yus Andriana, Advisory Chef Pastry Fonterra Foodservices di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Berbeda dengan agar-agar dan jeli yang harus dimasak terlebih dulu, gelatin tak perlu dimasak. Anda hanya perlu untuk melarutkan bubuk gelatin ini dalam air matang. Namun Yus menambahkan, persentase air dan gelatin harus benar-benar tepat agar gelatin bisa memadat.

Perbandingan tepat antara air dengan gelatin adalah  5:1. Ini berarti, satu gram gelatin harus dilarutkan dengan lima gram air. Setelah dilarutkan, gelatin harus diaduk rata dan didiamkan selama lima menit.

"Proses istirahat ini diperlukan untuk memberi waktu kepada butiran gelatin agar bisa menyerap air dan larut sempurna. Setelah lima menit, larutan gelatin bisa dicampur dengan bahan lainnya," sarannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com