Kompas.com - 14/08/2013, 14:11 WIB
Jangan menutupi dari pasangan jika Anda menghadapi masalah keuangan. Terbukalah, agar ia dapat membantu memecahkan masalah. SHUTTERSTOCKJangan menutupi dari pasangan jika Anda menghadapi masalah keuangan. Terbukalah, agar ia dapat membantu memecahkan masalah.
Penulis Rahman Indra
|
EditorFelicitas Harmandini
KOMPAS.com — Mudik Lebaran jelas menghabiskan banyak uang. Banyak orang yang khawatir keuangan mulai seret dan membayangkan akan terlibat utang sana sini setelah liburan. Namun tidak perlu khawatir, dan tata ulang kembali keuangan dengan beberapa trik yang dianjurkan situs StepChange Debt Charity berikut.

Bicarakan dengan terbuka. Kita sering kali menutupi jika punya masalah keuangan. Jarang ada yang mau terbuka pada keluarga dan kerabat bahwa keuangan kita sedang sekarat. Namun, sebenarnya dengan jujur dan terbuka mengenai masalah keuangan ini, siapa tahu keluarga, kerabat, atau teman punya perspektif lain dan memberikan masukan yang berarti.

Jangan abaikan tagihan. Salah satu reaksi yang kerap dilakukan saat bermasalah dengan keuangan adalah, kita sering mengabaikan tagihan tersebut karena takut melihat angka-angkanya. Ubah kebiasaan ini. Beranilah menghadapi tagihan dan hitung dengan cermat. Menutupi dan mengabaikan jumlah tagihan justru hanya akan menjadikan masalah menumpuk di kemudian hari. Dengan menghadapinya sekarang, setidaknya satu langkah bisa dilakukan untuk mengatasi masalah keuangan yang ada di depan mata.

Mulai bikin budget. Ini salah satu langkah penting dalam mengelola keuangan. Buatlah budget, yang mendata pendapatan dan pengeluaran yang harus dikeluarkan sesuai kebutuhan. Dari budget tagihan bulanan, makan, transportasi, dan kebutuhan lainnya. Jika memang lagi seret, tunda dulu beberapa daftar yang ingin dibeli.

Hindari meminjam. Sebisa mungkin, hindari meminjam uang. Kelola dulu uang yang ada. Namun, jika memang mendesak, dan yakin bisa mengembalikannya dalam waktu singkat, tak jadi masalah.

Konsultasi dengan bank. Jika waktu liburan menggunakan kartu kredit atau pinjaman ke bank, maka konsultasikan bila tak bisa bayar tagihannya. Menyampaikan kondisi yang dihadapi akan sedikit menurunkan beban dan stres. Siapa tahu dapat jalan keluar bagaimana mengatasinya.

Mulai penghematan. Lihat lagi daftar pengeluaran bulanan, mungkin ada yang bisa dipotong dan dilakukan penghematan. Misalnya tagihan telepon, listrik, atau hiburan. Ini berguna agar Anda tidak lagi dengan mudah berlangganan ini-itu yang tidak perlu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Cari tambahan pendapatan. Jika ada sesuatu yang bisa dilakukan untuk menambah pendapatan, kenapa tidak? Lakukan side job yang bisa dilakukan setelah jam kerja, atau menjual benda-benda usang tapi masih layak pakai.

Tetap aktif. Masalah dengan keuangan jangan dibawa stres atau membuat Anda terbebani. Tetaplah bergerak aktif, dan cari cara mengatasinya. Dengan demikian, mood masih akan tetap positif dan lambat laun masalah yang dihadapi akan teratasi.

Baca tentang


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X