Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/08/2013, 10:11 WIB
Rahman Indra

Penulis

 

KOMPAS.com - Jika saat ini buah lemon mudah ditemukan di mana saja, dari dapur hingga kamar mandi, hal ini tidaklah mengherankan. Buah satu ini memang punya banyak khasiat yang baik untuk tubuh, terutama untuk kesehatan dan kecantikan. Jangan heran, karena buah lemon sangat kaya akan kalsium, vitamin C, magnesium, dan kalium, yakni mineral dan antioksidan yang baik untuk kesehatan kulit.

Berikut 9 khasiat dari buah lemon yang patut diketahui.

1. Kandungan yang ada di buah lemon berfungsi sebagai antibakteri dan jamur yang membuatnya sangat efektif mengatasi jerawat. Anda dapat menggosokkan irisan lemon langsung ke wajah, atau untuk menghilangkan noda hitam bisa mencampurkan lemon dengan madu sebelum mengaplikasikannya. Tunggu dalam lima sampai 10 menit sebelum dibersihkan dengan air dingin.

2. Lemon dapat mencerahkan kulit dan mengatasi bintik-bintik hitam di wajah, serta bekas jerawat. Kandungan asam di lemon dapat mencerahkan kulit dan membuatnya makin segar. Namun hati-hati dengan bekas luka yang ada di wajah, gunakan saat kulit dalam keadaan bebas luka.

3. Memutihkan gigi. Dengan lemon, seseorang bisa berhemat tanpa harus menjalani treatment khusus, karena setidaknya buah ini dapat memutihkan gigi. Campurkan dua bahan utama, jus lemon dengan baking soda, dan tempatkan di gigi selama satu menit. Lalu bersihkan dengan sikat gigi perlahan-lahan.

4. Baik untuk kulit berminyak. Membersihkan wajah dengan sapuan kapas dan lemon sangatlah efektif. Cobalah lakukan perawatan ini sebelum beranjak tidur dan basuh muka ketika bangun pagi.

5. Membuat rambut berkilau. Buah lemon bisa dibilang sebagai highlight termurah yang membuat Anda tidak perlu lagi ke salon. Kombinasikan jus lemon dan conditioner, sisir, dan jemur di bawah sinar matahari dalam beberapa jam, lalu cuci. Ulangi cara ini sekali dalam seminggu dan rambut diyakini akan lebih berkilau.

6. Memperkuat kuku. Jika kuku rapuh dan ingin sekali membuatnya kuat kenapa tidak mencoba buah lemon. Campurkan perasan jeruk lemon dengan minyak zaitun, lalu rendam kuku Anda ke dalamnya. Selain membuat kuku kuat, rendaman ini juga akan membuat kuku lebih putih.

7. Lemon mengatasi ketombe dan kulit kepala kering. Minyak kelapa, minyak zaitun, madu, dan lemon dapat menjadi alternatif untuk perawatan rambut yang berketombe dan kering.

8. Membuat bibir lebih lembab. Irisan lemon dapat menjadi perawatan bibir yang kering. Gosokkan ke bibir, dan kemudian cucilah dengan perlahan. Buah lemon akan mengangkat sel kulit mati sehingga bekas lipstik pun hilang dengan sempurna dan bibir jadi lebih sehat.

9. Membersihkan wajah dan kulit tubuh. Cobalah membersihkan wajah dengan buah lemon dan merawat kulit dengannya. Buah satu ini sangat efektif menyingkirkan kotoran dan bakteri, serta melembabkan kulit di saat yang sama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com