Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/08/2013, 11:10 WIB
K. Wahyu Utami

Penulis

Sumber FitSugar

KOMPAS.com — Banyak sekali cara menurunkan berat badan, dari yang biasa sampai yang ekstrem. Dari cara yang masuk akal, sampai cara yang tak terduga, tetapi ternyata memberikan hasil yang memuaskan. Ini buktinya kalau Anda mau coba.

Makan dessert saat sarapan. Ada yang mengatakan ketika sedang diet, memulai sarapan dengan memakan makanan manis justru tidak dianjurkan karena akan merangsang keinginan Anda untuk mengonsumsi makanan manis lebih banyak. Namun, studi yang dilakukan pada orang-orang kelebihan berat badan yang telah berhasil menurunkan berat tubuhnya menemukan, mereka yang mengonsumsi sarapan dalam jumlah besar serta memasukkan makanan manis di dalamnya, justru mampu menurunkan berat badannya. Sebaliknya, mereka yang sarapan hanya sedikit dan tidak ada makanan manis, justru sulit menurunkan berat badan. Hal ini dikarenakan, makanan manis yang mereka makan saat sarapan membantu mereka untuk mencegah keinginan menyantap makanan manis keesokan harinya.

Mengurangi porsi makan. Mengurangi porsi makanan hingga porsi yang kecil mungkin terasa kurang memuaskan, tapi strategi ini paling mungkin berhasil. Penelitian menemukan, mengurangi porsi makanan bisa membantu mengelabui otak Anda untuk berpikir bahwa makanan yang Anda santap berada di piring yang besar sehingga membantu merasa lebih kenyang dengan cepat.

Olahraga di pagi hari. Saat Anda membutuhkan untuk menurunkan banyak kalori, cobalah berolahraga di pagi hari. Studi di Brigham Young University meneliti 18 perempuan dengan berat badan normal, dan 17 perempuan penderita obesitas, selama dua hari. Setelah mereka diminta jalan cepat di treadmill selama 45 menit di waktu pagi, para peneliti mengamati pilihan makanan (melalui foto-foto makanan) dan level aktivitas para perempuan ini seharian. Selang satu minggu, para peneliti kembali mencermati pilihan makanan dan aktivitas mereka, tetapi tanpa melakukan treadmill. Ternyata, baik perempuan dengan berat badan normal maupun penderita obesitas mengalami respons otak yang lebih lamban terhadap foto makanan. Alih-alih tergoda makan, mereka justru melakukan aktivitas fisik dengan berolahraga selama 45 menit.

Minum air hangat. Air dingin mungkin membantu menyegarkan dahaga, tapi jika Anda ingin menurunkan berat badan, maka Anda harus menggantinya dengan air hangat. Penelitian terbaru mengungkapkan, meminum satu gelas air hangat sebelum menyantap makanan bisa membantu Anda merasa lebih kenyang dengan cepat. Jadi, ini bisa membantu Anda mengurangi keinginan untuk makan lebih banyak.

Makan yang banyak. Ini mungkin terkesan berlawanan dengan logika, tetapi bisa jadi benar. Makan lebih banyak dan lebih sering dapat membantu Anda menurunkan berat badan. Sering makan, sekitar lima atau enam dalam sehari (terdiri atas tiga kali makan utama dan dua kali snacking) dapat meningkatkan metabolisme Anda. Konsumsi makanan yang kaya protein, serat, dan nutrisi lainnya ketimbang makanan yang tinggi karbohidrat atau bahan-bahan olahan, karena bisa membantu memberikan Anda energi dan membuat Anda kenyang tanpa asupan kalori yang tidak dibutuhkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber FitSugar
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com