Kompas.com - 21/08/2013, 10:05 WIB
shutterstock
EditorWawa

T:

Dokter Judi, apa benar kalau sedang hamil tidak boleh pakai balsam atau minyak angin? Apakah ada dampaknya terhadap janin? Karena kalau sedang pegal, terutama saat hamil, saya inginnya mengoleskan yang hangat seperti minyak angin atau balsam. Mohon penjelasannya, terima kasih.

(Raisa-Malang)

J:
Sebelum hamil, selama hamil, dan selama menyusui merupakan periode rentan terhadap janin dan bayi. Persiapan prahamil sering terabaikan karena program edukasi kesehatan belum menyentuh kepada akar masalah persiapan hamil yang baik dan berkualitas.

Janin yang baik harus diprogram dengan persiapan yang baik, terutama tentang penanganan penyakit ibu dan menghindari dari paparan zat kimia berbahaya.

Usia kehamilan 0-17 minggu merupakan periode penting dalam pembentukan organ tubuh. Artinya, bila ada gangguan pada periode ini akan menimbulkan kecacatan janin. Setelah 17 minggu, kelainan yang mungkin terjadi adalah gangguan pertumbuhan atau kematian janin.

Balsam dan minyak angin yang dijual di Indonesia seharusnya mencantumkan keterangan apakah boleh atau tidak boleh digunakan ibu hamil. Atau aman digunakan setelah kehamilan 17 minggu.

Saran saya, sebaiknya tidak memakai zat tersebut karena tidak jelas keamanannya. Terima kasih pertanyaannya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

(Tabloid Nakita/Dr Judi Januadi Endjun, SpOG, Subbagian Fetomaternal Departemen Obstetri dan Ginekologi FK UPN Veteran/RSPAD Gatot Subroto)Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.