Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/08/2013, 10:15 WIB
Christina Andhika Setyanti

Penulis

KOMPAS.com - Bawang putih adalah bumbu masak yang digunakan dalam berbagai jenis masakan. Fungsinya meningkatkan rasa masakan jadi lebih nikmat dan gurih.

Sayangnya, aromanya yang terlalu kuat sering meninggalkan bau yang kurang sedap di tangan. Meski sudah mencuci tangan berkali-kali, baunya masih tetap saja menempel. Agar aroma bawang putih tidak mengganggu Anda, ini yang bisa Anda lakukan:

1. Stainless steel
Gerard Craft, chef dari restoran Niche and Taste, St Louis, Amerik,a mengungkapkan, bau bawang putih ini bisa diatasi dengan mudah.

"Setelah memotong bawang putih, gosok telapak tangan dengan kuat ke bak pencuci piring yang terbuat dari stainless steel," sarannya. Ia mengungkapkan bahwa menggosok tangan ke stainless steel selama 30 detik sebelum mencuci tangan akan membantu menghilangkan bau bawang putih yang membandel.

2. Pasta gigi
Oleskan pasta gigi di salah satu telapak tangan. Kemudian gosok kedua belah tangan sampai pasta gigi menyebar sempurna ke semua bagian. Lalu cuci tangan sampai bersih.

3. Mouthwash
Sama seperti pasta gigi, obat kumur juga bisa membantu menghilangkan bau bawang. Tuang sedikit mouthwash ke telapak tangan, kemudian gosok. Bilas dengan air.

4. Jus lemon
Tuangkan lemon jus ke tangan Anda dan gosok. Cairan asam akan membantu mengurangi aroma bawang putih yang menempel di tangan.

5. Cuka
Jika tak ada jus lemon, cuka juga bisa jadi alternatif yang tepat untuk menggantinya. Namun, jangan terlalu banyak menuang cuka ke tangan, karena bisa-bisa tangan justru jadi bau cuka. Membasuh tangan dengan cuka selama 30 detik sebelum mencucinya akan membantu menghilangkan bau bawang putih ini. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com