Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/08/2013, 16:12 WIB
Christina Andhika Setyanti

Penulis

KOMPAS.com - Tak salah kalau kulit berminyak adalah penyebab utama jerawat. Hanya saja jangan terlena dan menyepelekan cara membersihkan kulit, sekalipun Anda punya kulit kering atau normal.

"Tingginya tingkat hormon akan memengaruhi produksi sebum di kulit. Biasanya peningkatan paling tinggi adalah saat remaja," ungkap dr Eddy Karta, SpKK, saat peluncuran Pond's Acne Complete Solution di Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, Selasa (20/8/2013) lalu.

Eddy mengungkapkan bahwa sebenarnya kulit kering juga berpotensi berjerawat. Jerawat ini disebabkan adanya gosokan berulang yang dilakukan di seputar wajah, terutama di daerah yang paling sering digosok keras.

Scrubing, facial, penggunaan pelembab atau minyak yang melembabkan dengan kapas biasanya dilakukan untuk mengatasi kulit kering. Ketika kulit wajah jadi kering, terkadang kulitnya jadi mengelupas. Karena dianggap mengganggu penampilan, kulit yang kering dan terkelupas ini akhirnya dilepas paksa.

Inilah yang akhirnya akan membuat kulit jadi kemerahan dan luka yang tak kasat mata. Luka ini akan merangsang produksi sebum (kelenjar minyak) yang berlebihan.

"Seperti diketahui, sebum yang berlebihan dan kondisi kulit yang kotor akan menyebabkan infeksi bakteri kulit dan menyebabkan timbulnya jerawat," jelasnya.

Untuk menghindari meningkatnya risiko timbul jerawat pada kulit kering, maka Eddy menyarankan untuk tidak menggosok kulit terlalu keras saat scrub atau facial. "Lakukan saja dengan lembut. Dengan cara lembut, sel kulit mati juga bakal mengelupas, kok," tutupnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com