Kompas.com - 21/08/2013, 16:12 WIB
|
EditorFelicitas Harmandini
KOMPAS.com - Tak salah kalau kulit berminyak adalah penyebab utama jerawat. Hanya saja jangan terlena dan menyepelekan cara membersihkan kulit, sekalipun Anda punya kulit kering atau normal.

"Tingginya tingkat hormon akan memengaruhi produksi sebum di kulit. Biasanya peningkatan paling tinggi adalah saat remaja," ungkap dr Eddy Karta, SpKK, saat peluncuran Pond's Acne Complete Solution di Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, Selasa (20/8/2013) lalu.

Eddy mengungkapkan bahwa sebenarnya kulit kering juga berpotensi berjerawat. Jerawat ini disebabkan adanya gosokan berulang yang dilakukan di seputar wajah, terutama di daerah yang paling sering digosok keras.

Scrubing, facial, penggunaan pelembab atau minyak yang melembabkan dengan kapas biasanya dilakukan untuk mengatasi kulit kering. Ketika kulit wajah jadi kering, terkadang kulitnya jadi mengelupas. Karena dianggap mengganggu penampilan, kulit yang kering dan terkelupas ini akhirnya dilepas paksa.

Inilah yang akhirnya akan membuat kulit jadi kemerahan dan luka yang tak kasat mata. Luka ini akan merangsang produksi sebum (kelenjar minyak) yang berlebihan.

"Seperti diketahui, sebum yang berlebihan dan kondisi kulit yang kotor akan menyebabkan infeksi bakteri kulit dan menyebabkan timbulnya jerawat," jelasnya.

Untuk menghindari meningkatnya risiko timbul jerawat pada kulit kering, maka Eddy menyarankan untuk tidak menggosok kulit terlalu keras saat scrub atau facial. "Lakukan saja dengan lembut. Dengan cara lembut, sel kulit mati juga bakal mengelupas, kok," tutupnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.