Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selain Jerawat, Remaja Alami 9 Masalah Kulit Ini

Kompas.com - 25/08/2013, 17:41 WIB
Christina Andhika Setyanti

Penulis

KOMPAS.com - Di masa remaja, hormon androgen sedang meningkat. Akibatnya, remaja akan mengalami banyak masalah dengan kulitnya.

"Masalah yang paling sering dialami remaja adalah kulit berjerawat. Mulai dari yang kondisinya ringan sampai yang parah," ungkap dr Eddy Karta, SpKK, saat peluncuran Pond's Acne Complete Solution di Kota Kasablanka, Jakarta, Selasa (20/8/2013) lalu.

Berdasarkan penelitian Habit & Attitude yang dilakukan Unilever pada tahun 2011, terungkap bahwa 9 dari 10 remaja memiliki masalah dengan jerawat. Enam dari 10 remaja bermasalah dengan kulit berminyak dan jerawat.

Eddy menambahkan bahwa remaja (13-20 tahun) cenderung memiliki masalah kulit yang lebih kompleks daripada jerawat. Jerawat, yang merupakan hasil akhir dari berbagai masalah dan kondisi kulit wajah, secara tak langsung mengindikasikan adanya masalah kulit yang terjadi di wajah.

Penelitian ini juga mengungkapkan bahwa ternyata di samping jerawat, ada sembilan masalah kulit lain yang dialami oleh remaja, yaitu kulit berminyak, kusam, komedo hitam, komedo putih, pori-pori besar, noda bekas jerawat (bintik hitam), kulit kasar, warna kulit tidak merata akibat sel kulit mati, dan kulit kemerahan akibat radang jerawat.

"Yang disayangkan adalah, remaja seringkali tidak sadar bahwa masalah kulit mereka sebenarnya tidak hanya jerawat, tapi juga 9 masalah ini. Sehingga mereka hanya fokus untuk menyembuhkan jerawat saja," jelas Debora Gondokusumo, Brand Manager Pond’s.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com