Kunci Utama Agar Tempura Lebih "Crispy"

Kompas.com - 26/08/2013, 08:49 WIB
Air soda bisa membuat adonan tempura jadi lebih ringan dan renyah. SHUTTERSTOCKAir soda bisa membuat adonan tempura jadi lebih ringan dan renyah.
|
EditorFelicitas Harmandini
KOMPAS.com - Agar tak bosan makan makanan rumahan, ajak anak-anak menikmati makanan ala restoran yang enak dan praktis. Salah satu resep yang bisa dicoba adalah tempura. Rasanya yang kriuk pasti disukai anak.

Nah, bagaimana sih bikin tempura yang enak dan renyah?

1. Ketika membuat adonan tempura, pastikan adonan tepung ini dingin. Jangan mencampur tepung dengan air yang panas. Agar lebih renyah, Simon Bryant, celebrity chef Australia menyarankan untuk mencampurkan air soda ke dalamnya. Soda berfungsi untuk menambah udara dan meringankan campuran tepung di dalamnya.

2. Jangan mencampur banyak bahan ke dalam adonan. Masukkan sayur atau seafood ke dalam adonan satu per satu. Semakin banyak sayur, tepung di dalamnya banyak menempel. Adonan pun jadi lebih berat.
 
3. Gunakan sumpit untuk mencampur adonan tempura dan melapisi tepung ke sayuran atau seafood. Penggunaan sumpit akan memimalisasi menempelnya tepung ke sayur atau seafood. Lapisan tepung yang sedikit akan membuat tempura jadi lebih renyah.

4. Jangan menggoreng tempura dalam minyak yang terlalu panas. Kalau terlalu panas, tepung akan gosong sementara isiannya belum matang. Panas ideal untuk menggoreng tempura adalah 170 derajat Celcius.



Sumber abc.net.au
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X