Cara Shahnaz Haque Atasi Anak Susah Makan

Kompas.com - 30/08/2013, 07:26 WIB
Butuh banyak akal untuk menghadapi anak yang susah makan. shutterstockButuh banyak akal untuk menghadapi anak yang susah makan.
|
EditorFelicitas Harmandini
KOMPAS.com - Kesal pastinya saat harus menghadapi anak yang susah makan. Setidaknya hal ini juga sempat dialami oleh Shahnaz Haque. Ibu dari tiga putri, Pruistin Aisha Haque Ramadhan, Charlotte Fatima Haque Ramadhan, dan Mieke Namira Haque Ramadhan ini mengaku sempat kebingungan karena perilaku makan anaknya yang berbeda-beda.

"Tiga anak saya punya perilaku makan yang berbeda. Pruistin anak yang susah makan, Charlotte tergolong susah berhenti makan, sedangkan Mieke adalah anak yang mudah makan," jelas Shahnaz kepada KompasFemale, beberapa waktu lalu di Jakarta.

Diakui adik Marissa Haque ini, menangani perilaku makan Pruistin adalah hal yang paling sulit. Namun, ia punya trik untuk mengatasinya.

"Cara paling tepat untuk membuat anak mudah makan adalah dengan memberinya contoh makan sehat. Orangtua dan anggota keluarga lainnya adalah role model terbaik," imbuhnya.

Untunglah putri keduanya, Charlotte, sangat suka makan. Caranya makan ternyata mudah membuat orang lain terbit air liurnya. Hasilnya, Pruistin pun tergoda untuk ikut makan.

Selain memberi contoh konsumsi makanan sehat, istri Gilang Ramadhan ini juga memberi beberapa nasihat nyata pada anak-anaknya. Namun, saat menasihati menurut Shahnaz sebaiknya tidak menggurui. Ia memilih mengaitkan dengan aktivitas atau hobi yang sedang disukai anak.

"Saat ini Pruistin sedang suka main bisbol, dan ia juga menjadi salah satu pemain nasional. Ketika dia tidak mau makan, saya selalu bilang bahwa kalau tak mau makan maka tidak akan ada tenaga untuk main, tidak bisa memikirkan strategi, dan jadinya susah jadi pemenang," katanya.

Status Shahnaz sebagai cancer survivor juga memudahkannya menasihati anak untuk memilih makanan sehat. Untuk menjaga kesehatan dan memenuhi nutrisi yang dibutuhkan anak, ia juga memberikan susu dan camilan untuk ketiga putrinya.

"Idealnya semua camilan itu dibuat sendiri di rumah, tapi kadang juga beli di luar. Hanya saja, frekuensinya ditentukan beberapa kali saja per bulan," jelasnya.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X