Lindungi Kulit dari Sinar Matahari dengan Makanan Ini - Kompas.com

Lindungi Kulit dari Sinar Matahari dengan Makanan Ini

Kompas.com - 03/09/2013, 15:57 WIB
SHUTTERSTOCK

KOMPAS.com - Musim kemarau yang memuncak di bulan September ini berimbas pada sengatan sinar matahari yang semakin sulit untuk dihindari. Perlindungan dari sinar matahari dibutuhkan untuk menjaga kulit tetap sehat dan bercahaya.

Menurut Chris Kilham, pakar bahan obat alami, perlindungan tidak harus selamanya berasal dari produk-produk dengan kandungan SPF. Sebaliknya, perlindungan juga didapat dari makanan yang dimakan.

"Terutama makanan yang mengandung senyawa antioksidan tinggi, biasanya sangat baik untuk perlindungan terhadap sinar matahari," ujarnya.

Antioksidan, jelasnya, sebenarnya diproduksi oleh tumbuhan untuk melindungi tubuhnya sendiri dari paparan panas, cahaya, udara, kelembaban, dan waktu. Maka dengan mengkonsumsinya, tubuh kita juga mendapatkan manfaat yang serupa.

Berikut adalah daftar makanan yang memiliki antioksidan tinggi dan mampu melindungi kita dari paparan sinar ultraviolet (UVA dan UVB).

1. Paprika
Paprika dengan warna cerah seperti merah, kuning, oranye mengandung pigmen yang dinamakan karotenoid. Antioksidan ini akan diubah menjadi vitamin A di dalam tubuh. Vitamin A membantu melindungi sel kulit dari kerusakan dengan membentuk lapisan lemak tipis pada kulit.

2. Labu kuning
Labu kuning memiliki warna yang cerah dan kaya kandungan karotenoid. Baik untuk perlindungan terhadap sinar matahari.

3. Tomat merah
Antioksidan alami pada tomat berasal dari pigmen likopen yang memberi warna merah pada tomat. Antioksidan ini dikenal sebagai pelindung kelenjar prostat, namun juga mampu melindungi dari sengatan matahari.

4. Semangka
Warna merah dari buah ini juga karena mengandung likopen. Maka saat matahari bersinar terik, cobalah untuk makan beberapa potong semangka guna menyejukkan sel kulit Anda.

5. Teh hijau
Teh hijau diketahui memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, termasuk melindungi dari paparan UVA dan UVB. Ini karena teh hijau mengandung polifenol katekin sebagai pelindung yang kuat.

6. Cokelat
Cokelat merupakan salah satu bahan makanan super. Alasannya karena cokelat mengandung 712 senyawa yang kebanyakan merupakan antioksidan poten dan pelindung kuliy.

7. Bluberi
Blueberi memiliki pigmen yang dikenal dengan nama antosianin. Pigmen tersebut merupakan antioksidan poten yang membantu mengurangi risiko banyak penyakit kronis dan paparan sinar matahari.

8. Kunyit
Kunyit memiliki senyawa kurkumin yang memperbaiki sistem imun, fungsi otak, dan melindungi kulit. Kurkumin dari kunyit juga dikenal sebagai obat antiinflamasi.

9. Ikan
Ikan yang mengandung asam lemak omega-3 memiliki fungsi untuk melindungi jantung serta kulit. Selain itu, asam lemak omega-3 juga penting untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.


EditorLusia Kus Anna
SumberFOXNews
Close Ads X