Kompas.com - 03/09/2013, 22:58 WIB
|
EditorDeasy Syafrina
KOMPAS.com - Selama ini air jeruk nipis dianggap ampuh untuk menghilangkan bau amis pada ikan dan seafood. Benarkah demikian?

"Kandungan asam pada jeruk nipis bila mengenai daging Ikan maka akan mematikan bakteri di dagingnya. Dan sebenarnya, lumuran jeruk nipis justru akan membuat ikan jadi "matang"," jelas Chef Arimbi Nimpuno saat demo masak Philips di Arimbi Kitchen, Pakubuwono, Jakarta Selatan, Selasa (3/9/2013).

Matang yang dimaksud tentunya bukan matang seperti habis digoreng atau dikukus, melainkan siap dimakan seperti Sashimi. Meski demikian, penggunaan air jeruk nipis ini tetap masih bisa digunakan untuk meminimalisir bau amis ini.

"Dibanding jeruk nipis, saya lebih memilih pakai susu segar untuk menghilangkan amis seafood," tambahnya.

Caranya, ikan yang sudah dibersihkan kemudian direndam dengan menggunakan susu segar (susu UHT) selama beberapa menit. Setelah direndam, ikan pun siap diolah menjadi aneka makanan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.