Kompas.com - 10/09/2013, 11:54 WIB
|
EditorDeasy Syafrina
KOMPAS.com - Pagelaran busana Carolina Herrera tidak akan lengkap tanpa kehadiran column gown (dress panjang dan lurus yang tidak mengikuti siluet tubuh).

Di panggung New York Fashion Week Spring/Summer 2014 tahun ini, Herrera menghadirkan aneka busana yang berbahan dasar sifon, organza, tulle, georgette. Namun kali ini terasa berbeda dengan kehadiran bahan yang bermotif garis, lingkaran, kotak dan bidang geometri lainnya.

Hebatnya, Herrera terlihat sangat jeli memperhitungkan sudut penumpukan motif bahan satu sama lain serta detail-detail baju. Akibatnya, dari motif garis dan bidang geometri ini menghasilkan ilusi optik di mata Anda.

Layer busana di lapisan keduanya menciptakan efek kinetik pada bahan organza. Beberapa motifnya sengaja disandingkan bersebelahan, atau ditumpuk untuk menambahkan kedalaman dan dimensi pola. "Benar-benar ada efek kinetik yang menghasilkan ilusi optik yang sempurna. Ini tercipta akibat dari pergerakan gaunnya sendiri," jelas Herrera.

Sebagai tambahannya, ia juga menggunakan bordir geometris dan perhiasan kristal untuk memberi lapisan cahaya yang  lebih mendalam. Beberapa saat mungkin saja ilusi optik karena gaun yang melambai ini membuat mata sedikit sakit dan cukup memusingkan.

Herrera mengaku bahwa koleksi busana ilusi optiknya ini, terinspirasi dari seniman Venezuela Carlos Cruz-Diez dan Jesus Rafael Soto yang menggunakan ilusi optik dalam karyanya.

Fashion show yang dibuka oleh Karlie Kloss ini banyak bermain dengan warna monokromatik hitam dan putih yang simple, oranye dan merah anggur. Selain column gown, desainer berusia 74 tahun ini menghadirkan berbagai gaun bergaya klasik, strapless, dan shift. Ia juga menghadirkan tiga pasang celana dan bikini dengan ilusi optik senada.

Herrera tak cuma menghadirkan motif optik dalam busananya, ia juga menampilkan beberapa koleksi busana dan gaun dengan gaya dan bahan polos atau ilusi geometri yang lebih bersahabat untuk mata.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Dailymail
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.