Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/09/2013, 18:51 WIB
Christina Andhika Setyanti

Penulis

KOMPAS.com — Berapa kali Anda harus berganti-ganti, dan memilih baju saat ingin menghadiri sebuah pesta atau undangan istimewa? Ketika bertamu ke rumah kolega dan datang ke pesta, Anda pasti ingin terlihat rapi, cantik, dan sempurna.

Menurut Tom Ford, mengenakan busana yang rapi, tak hanya memuaskan diri sendiri, tapi juga perwujudan etika yang baik dan sopan santun.

"Saya percaya kalau Anda bertemu seseorang untuk makan malam, dan Anda memilih pakaian yang rapi, itu merupakan refleksi rasa hormat Anda kepada sang tuan rumah," katanya.

Hal ini berlaku tak hanya saat akan menghadiri acara tertentu saja, sebaiknya juga diterapkan kapan pun dan di mana pun Anda berada. Tidak perlu mahal, yang penting rapi.

Namun, seiring dengan waktu, kriteria rapi pun mengalami pergeseran definisi. Bagi Ford penampilan rapi itu harus gaya, sedikit formal, dan enak dipandang, meskipun belum tentu nyaman saat dikenakan.

Lalu, apakah kenyamanan tidak penting bagi desainer kenamaan ini? Ternyata tidak!

"Beberapa waktu lalu, saya merancang sebuah gaun untuk teman yang akan menghadiri sebuah acara penghargaan. Dia menyukainya karena gaun tersebut begitu nyaman dipakai. Tetapi saya berpikir, siapa yang peduli pakaian itu nyaman atau tidak, yang penting pakaian itu memesona," jelas desainer berusia 52 tahun ini.

Baginya fashion tidak mengacu pada kenyamanan, tetapi bagaimana orang memandang busana tersebut. Jadi, bukan persoalan nyaman atau tidak nyaman busana tersebut saat dikenakan.

"Kenyamanan bagi saya adalah saat orang lain melihat saya keren dan gaya. Meskipun saya harus menderita saat mengenakannya. Memakai korset selama empat jam itu sangat menyiksa, tetapi bila akhirnya saya tampak hebat, kenapa tidak? Itulah kenyamanan dalam fashion,'" terang Ford.

Bagaimana dengan Anda, setuju?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com