Kompas.com - 12/09/2013, 07:27 WIB
|
EditorD. Syafrina Syaaf

KOMPAS.com – Perempuan hamil memiliki tantangan ekstra, mulai dari mual di pagi hari, kaki kram, sakit punggung, berat badan yang menukik drastis dan bahkan ada yang sampai mengalami sulit bernapas. Nah, pertanyaanya, adakah cara untuk mengurangi keluhan-keluhan saat mengandung? Baca terus!

Ketika usia kandungan memasuki bulan ketiga, kenaikan berat badan pastinya mulai terasa, tak ayal kondisi ini membuat kaki cepat lelah dan kram. Dan umumnya rasa sakit kian terasa parah di malam hari. Berikut beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi rasa sakit, pegal dan nyeri pada tubuh selama kehamilan.

Rendam kaki Anda di air hangat

Guna mengurangi rasa sakit dan kram pada kaki. Sebaiknya, sebelum tidur, rendam kaki Anda pada air hangat yang telah ditaburkan garam. Ini adalah cara paling mudah  untuk membuat kaki merasa lebih nyaman.

Pijat kaki

Melakukan pemijatan pada kaki akan memberikan ketenangan dan kenyaman pada tubuh Anda. Minta suami untuk memijat kaki Anda dengan lembut, selain dapat menguragi rasa sakit, cara ini pun ampuh untuk mempererat komunikasi antara Anda, suami dan si jabang bayi.  

Jangan duduk untuk waktu yang lama

Duduk dalam waktu yang lama, akan menghambat sirkulasi darah menuju kaki. Inilah penyebab kaki menjadi kram. Perempuan hamil harus sering mengubah posisi duduk mereka dalam beberapa waktu, agar aliran darah mengalir dengan baik.

Posisi duduk

Posisi duduk saat hamil bisa menyebabkan sakit, nyeri dan pegal selama masa kehamilan. Disarankan jangan duduk menyilangkan kaki, atau jangan biarkan kaki menggantung di kursi pada kurun waktu yang lama. Gunakan bangku yang tepat, yang akan memberikan kenyamanan saat duduk.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Sumber Boldsky



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.