Kompas.com - 13/09/2013, 14:43 WIB
Ajarkan balita kebiasaan untuk menyikat gigi BOLDSKYAjarkan balita kebiasaan untuk menyikat gigi
|
EditorD. Syafrina Syaaf

Kompas.com — Sedini mungkin anak harus sudah diajarkan menggosok gigi. Banyak orangtua yang masih menganggap hal ini sepele, apalagi jika anak masih balita. Mengajarkan kebersihan, terutama kebersihan gigi, memang tidak mudah. Maka dari itu, kami suguhkan beberapa kiat menarik tentang bagaimana melatih anak agar terbiasa menggosok gigi.

Mengelap gigi si kecil

Ketika bayi mulai tumbuh gigi, Anda harus mulai membiasakan diri untuk mengelap giginya sehabis makan dengan menggunakan waslap basah. Sementara itu, saat Anda memandikannya, pastikan Anda menggunakan kain lap yang bersih untuk membersihkan gigi si kecil. Dengan kebiasaan tersebut, keinginan si kecil akan terbangun untuk selalu menjaga kebersihan giginya setelah mengonsumsi makanan berat.

Menyikat gigi

Ini adalah salah satu cara terbaik untuk membersihkan gigi anak balita Anda. Ketika mereka mulai tumbuh gigi, Anda dapat membeli sikat gigi dan pasta gigi khusus untuk dia. Saat akan membeli peralatan sikat gigi, Anda harus mengingat kebutuhan yang sesuai dengan usia anak Anda. Pilih juga pasta gigi yang tidak memiliki kandungan keras untuk anak.

Pilih-pilih warna sikat gigi

Sekarang sikat gigi untuk anak dikemas dan dirancang begitu menarik. Warna-warna terang menjadi pemikat perhatian anak, dan pasta gigi dengan varian rasa yang manis bisa Anda perkenalkan agar ia tertarik. Cara ini akan memudahkan Anda untuk mengajarkan si kecil agar terbiasa menggosok gigi.

Buat aktivitas menyikat gigi menyenangkan

Jangan memaksa anak saat ia enggan menyikat gigi. Cara paling ampuh adalah memberikan contoh padanya. Perlihatkan bahwa menggosok gigi tidak menyakitkan. Secara perlahan, pasti ia akan mengikuti kebiasaan Anda tersebut.

Air hangat

Anda juga bisa memberikan anak balita Anda air hangat untuk kumur-kumur. Air hangat dapat membunuh semua bakteri yang hadir di dalam mulut. Namun, jangan menambahkan garam pada air tersebut karena dapat merusak perkembangan gigi anak.  

Nah, bagaimana menurut Anda? Tidak susah bukan? Selamat mencoba!

 



Sumber Boldsky
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X