Kompas.com - 14/09/2013, 14:17 WIB
Ilustrasi pola asuh orangtua. shutterstockIlustrasi pola asuh orangtua.
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com — Jenis kelamin anak-anak memainkan peran penting dalam pola mengasuh anak. Jika Anda memiliki sepasang anak putra dan putri, penting untuk mengetahui pentingnya jender dalam pengasuhan.

Ini karena anak lelaki dan perempuan berbeda dalam sikap, minat, dan pola pikir. Sebagai orangtua, penting untuk memahami perbedaan tersebut, bukannya mencoba untuk menerapkan aturan yang sama guna membesarkan anak-anak Anda.

Ada beberapa cara dalam membesarkan anak-anak Anda sesuai dengan jenis kelamin dan usia mereka. Karena, hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi Anda.

Lihat minat mereka

Liat minat dan ketertarikan masing-masing anak Anda, dan berikan mereka sesuai dengan kebutuhannya. Anak lelaki pada umumnya lebih tertarik pada kegiatan yang bersifat fisik, sementara anak perempuan menyukai kegiatan yang membutuhkan ketekunan.

Umur

Pola pikir anak lelaki dan anak perempuan berbeda. Menerapkan teknik pengasuhan yang sama untuk kedua putra dan putri adalah ide yang salah. Bila Anda menerapkan sesuatu yang bekerja pada putri berusia enam tahun, mungkin cara yang sama tidak akan berhasil pada anak lelaki Anda ketika dia berusia enam tahun.

Kegiatan fisik

Dalam hal aktivitas fisik, anak lelaki memiliki minat terhadap jenis permainan dan olahraga yang berbeda pula. Anak lelaki umumnya lebih tertarik pada olahraga yang menguji ketangkasan, sementara anak perempuan ingin terlibat pada permainan yang aman.

Perilaku

Halaman:


Sumber Boldsky
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X