Kembalikan Konsentrasi Bekerja dengan Melihat Jari Kaki

Kompas.com - 18/09/2013, 07:17 WIB
Atasi rasa malas dan juga kurang konsentrasi saat bekerja ShutterstockAtasi rasa malas dan juga kurang konsentrasi saat bekerja
|
EditorD. Syafrina Syaaf
KOMPAS.com - Saat sore hari, fokus dan kemampuan bekerja sudah mulai menurun. Gawatnya, pekerjaan Anda belum selesai juga. Tetapi tenang saja, ada beberapa cara untuk meningkatkan fokus Anda selama bekerja.

1. Olahraga
Terlalu sering menatap layar komputer akan membuat mata jadi lelah. Akibatnya, Anda jadi mengantuk dan ingin minum kopi. Alih-alih minum kopi, ada baiknya untuk menukar kebiasaan ini dengan aktivitas fisik.

Aktivitas fisik ini telah terbukti untuk mempertajam fokus, baik untuk Anda yang menderita ADHD atau tidak. Aktivitas fisik ini akan membantu memicu pelepasan bahan kimia dalam otak yang diduga memengaruhi daya belajar dan memori.

Satu laporan dari University of Illinois menunjukkan bahwa aktivitas fisik khususnya latihan aerobik, bisa meningkatkan fungsi otak yang berkaitan dengan fokus seseorang dalam jangka pendek dan jangka panjang.

2. Minum air lebih banyak
Sebuah studi dalam The Journal of Nutrition tahun 2012 mengungkapkan bahwa dehidrasi ringan bisa membuat Anda jadi kurang fokus.

Perempuan yang mengalami dehidrasi dua persen (misalnya tidak cukup minum setelah berolahraga) akan mengalami kesulitan berkonsentrasi dan gagal dalam kemampuan tes kognitif. Menurunnya kemampuan untuk berkonsentrasi ini adalah sinyal peringatan dini bahwa tubuh kekurangan cairan.

3. Tidur lebih lama
"Ketidakmampuan untuk berkonsentrasi sering disebabkan oleh kurangnya waktu tidur," ungkap Vatsal G. Thakkar MD, asisten psikiatri klinis di New York University School of Medicine. Ia menyarankan untuk tidur minimal tujuh jam.

Jika Anda sering tidur di bawah tujuh jam, tubuh Anda akan berada di fase delta dan ini akan membuat Anda jadi lebih sulit untuk fokus.  Dengan waktu tidur yang cukup, maka fokus perhatian Anda akan lebih mudah dikendalikan dan bertahan lebih lama.

4. Melihat jari kaki
Salah satu cara paling mudah untuk membantu mengembalikan fokus adalah dengan berkonsentrasi pada hal kecil. Olivia Fox Cabane, penulis buku The Charisma Myth menyarankan untuk melihat jari kaki Anda. Lihatlah jari kaki Anda beberapa saat sampai Anda merasa benar-benar bisa fokus melihatnya. Menarik bukan?



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X