"Stretch Mark", Si Pengganggu Kulit

Kompas.com - 20/09/2013, 09:45 WIB
Ilustrasi kulit mulus tanpa stretch mark. ShutterstockIlustrasi kulit mulus tanpa stretch mark.
|
EditorLusia Kus Anna


Kompas.com -
Rencana Anda untuk memakai celana pendek yang sedang gaya bisa berantakan gara-gara tidak pede dengan stretch mark di kaki yang kentara sekali. Sebenarnya, apa penyebab masalah kulit yang kerap dialami perempuan ini?

Stretch mark berupa gurat-gurat putih pada permukaan kulit dipicu oleh peregangan permukaan kulit akibat pertambahan berat badan yang sangat cepat. Tak heran jika ibu hamil paling sering memiliki stretch mark.

Meski demikian, ternyata ada juga pengaruh faktor genetik dalam terjadinya stretch mark. Menurut riset yang dimuat dalam Journal of Investigative Dermatology, wanita yang mengalami mutasi gen tertentu lebih beresiko memiliki guratan putih ini.

"Walau peregangan berlebihan pada kulit bisa memicu stretch mark, tapi pada orang tertentu yang punya faktor gen tadi lebih rentan mengalaminya," kata Joyce Tung, Ph.D, peneliti.

Faktor risiko lainnya adalah kurangnya asupan nutrisi penunjang kulit seperti kolagen dan juga dehidrasi. Biasanya stretch mark muncul di area perut, betis, paha, bokong, atau lengan atas.

Meski stretch mark sulit dihilangkan sepenuhnya, tapi kita bisa menyamarkan guratan putih sehingga kulit tampak lebih mulus.

Saat ini terdapat beberapa metode penyamar stretch mark, antara lain dengan mengoleskan salep yang mengandung vitamin A secara rutin. Imbangi dengan menerapkan pola makan sehat seperti sering mengasup buah dan sayuran, mengurangi makanan berlemak tinggi, serta berolahraga.

Metode lain untuk mengurangi stretch marks secara cepat adalah mikrodermabrasi untuk menghilangkan lapisan kulit mati dan memicu pertumbuhan sel kulit baru yang lebih elastis. Penggunaan sinar laser untuk menstimulasi kolagen, elastin dan produksi melanin, juga efektif untuk menangani stretch mark membandel.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X