Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/09/2013, 10:13 WIB
Lusia Kus Anna

Penulis

Sumber Shine

Kompas.com - Kesalahan-kesalahan sederhana dalam merawat rambut bisa membuat keinginan Anda untuk memiliki rambut yang sehat, berkilau, dan indah, menjadi pupus.

Cara mencuci rambut, mengeringkan, dan menatanya ternyata berdampak besar pada kesehatan dan penampilan rambut. Simak kesalahan-kesalahan kecil yang kerap tidak kita sadari berikut ini:

1. Tidak menyisir sebelum mencucinya

Rambut akan lebih rapuh dalam kondisi basah, dan rambut basah juga lebih mudah patah. Untuk mencegah rambut kusut akibat keramas, sisirlah rambut. Jika Anda ingin menyisirnya sambil keramas, jangan lupa gunakan kondisioner kemudian sisirlah dengan jari baru gunakan sisir sebelum dibilas.

2. Menyisir bagian ujungnya

Menyisir rambut terlalu sering memang bisa menyebabkan rambut mudah patah, tetapi minyak alami di kulit kepala adalah kondisioner terbaik bagi rambut. Karena itu sebaiknya jangan cuma menyisir rambut di bagian ujung-ujungnya saja.

Pijat lembut kulit kepala dengan sisir berujung bulat untuk merangsang sirkulasi darah dan pertumbuhan rambut. Kemudian sisir rambut dari puncak kepala sampai ujung rambut.

3. Terlalu bersih

Mencuci rambut setiap hari sebenarnya tak berguna banyak. Malah, sifat terlalu rajin itu akan mengurangi kelenjar minyak alami rambut sehingga rambut menjadi kusam. Meski begitu, jika Anda selalu menggunakan produk hair styling, cucilah rambut setiap hari. Jika rambut Anda jarang terkena aneka produk hair styling dan Anda merasa rambut lengket karena keringat, cucilah dengan air saja setiap hari, kemudian dengan shampo dan kondisioner keesokannya.

4. Terlalu panas

Rambut basah dan alat pengering atau pengeriting rambut yang panas bukanlah kombinasi yang baik. Alat pelurus rambut atau pengeriting bisa membakar folikel rambut sehingga rambut menjadi rapuh. Sebaiknya keringkan rambut sebelum menggunakan alat pembentuk rambut yang panas.

Jika Anda tak bisa lepas dari hair dryer, pelurus rambut atau pengeriting rambut, gunakan pelindung rambut khusus. Sebelum mem-blow rambut, biarkan rambut agak kering.

5. Rambut patah bisa diperbaiki

Sayangnya, sekali rambut patah tak ada produk yang bisa memperbaikinya. Solusinya hanyalah mencegah terjadinya rambut patah. Ini berarti mengurangi paparan alat yang terlalu panas dan tidak terlalu sering mencuci rambut. Untuk meminimalkan dampak kerusakan, jika ada tanda-tanda rambut patah, gunakan serum rambut khusus atau memotongnya.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Shine
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com