Kompas.com - 30/09/2013, 10:13 WIB
|
EditorLusia Kus Anna

Kompas.com - Kesalahan-kesalahan sederhana dalam merawat rambut bisa membuat keinginan Anda untuk memiliki rambut yang sehat, berkilau, dan indah, menjadi pupus.

Cara mencuci rambut, mengeringkan, dan menatanya ternyata berdampak besar pada kesehatan dan penampilan rambut. Simak kesalahan-kesalahan kecil yang kerap tidak kita sadari berikut ini:

1. Tidak menyisir sebelum mencucinya

Rambut akan lebih rapuh dalam kondisi basah, dan rambut basah juga lebih mudah patah. Untuk mencegah rambut kusut akibat keramas, sisirlah rambut. Jika Anda ingin menyisirnya sambil keramas, jangan lupa gunakan kondisioner kemudian sisirlah dengan jari baru gunakan sisir sebelum dibilas.

2. Menyisir bagian ujungnya

Menyisir rambut terlalu sering memang bisa menyebabkan rambut mudah patah, tetapi minyak alami di kulit kepala adalah kondisioner terbaik bagi rambut. Karena itu sebaiknya jangan cuma menyisir rambut di bagian ujung-ujungnya saja.

Pijat lembut kulit kepala dengan sisir berujung bulat untuk merangsang sirkulasi darah dan pertumbuhan rambut. Kemudian sisir rambut dari puncak kepala sampai ujung rambut.

3. Terlalu bersih

Mencuci rambut setiap hari sebenarnya tak berguna banyak. Malah, sifat terlalu rajin itu akan mengurangi kelenjar minyak alami rambut sehingga rambut menjadi kusam. Meski begitu, jika Anda selalu menggunakan produk hair styling, cucilah rambut setiap hari. Jika rambut Anda jarang terkena aneka produk hair styling dan Anda merasa rambut lengket karena keringat, cucilah dengan air saja setiap hari, kemudian dengan shampo dan kondisioner keesokannya.

4. Terlalu panas

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Shine
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.