Kompas.com - 04/10/2013, 13:28 WIB
Ilustrasis SHUTTERSTOCKIlustrasis
|
EditorD. Syafrina Syaaf

Olahraga bersama dengan keluarga akan memberikan banyak manfaat, yaitu kalori terbakar, jantung lebih sehat, dan rasanya jauh lebih menyenangkan. Lakukan pada hari Minggu agar waktunya bisa lebih leluasa. Berikut tiga panduan yang berguna :

Belikan si kecil sepatu khusus untuk berolahraga

Jelaskan pada buah hati bahwa ia perlu memakai sepatu khusus untuk berlari atau berjalan. Juga, mengapa tidak boleh memakai sembarang sepatu untuk kegiatan olahraga. Mengingat akan berolahraga di luar ruangan, sebaiknya sediakan juga topi anak agar terhindar dari panas.

Diskusikan rute jalanan kaki bersamanya

Ajukan beberapa pilihan lokasi, lalu biarkan anak menentukan mana yang paling diminati. Misalnya, di komplek rumah, di taman nasional , di gelanggang olahraga, atau di jalan protokol yang ditutup untuk aktivitas olahraga. Dengan begini, antusiasme anak akan terbangun sejak awal.

Jangan lupakan pemanasan

Meski latihan yang akan dilakukan bersama mereka lebih bersifat fun, tahapan ini wajib dilakukan untuk menghindarkan mereka dari cedera. Sambil meliuk-liukan tubuh, beri mereka pengertian ringan tentang pentingnya pemanasa.

Siapkan air minum

Sebelum mulai berlatih pastikan anak telah minum cukup air putih. Jangan lupa membawa sebotol air minum selama perjalanan. Ini akan mencegah anak merasa mual, sakit kepala, atau kehausan di tengah latihan.



Sumber
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X