Kompas.com - 04/10/2013, 18:31 WIB
Shutterstock
Penulis Rahman Indra
|
EditorLusia Kus Anna

 

 

KOMPAS.com — Sering kita lihat anak-anak kecil rewel saat dibawa ke rumah makan. Berada di tengah kerumunan orang dan di tempat asing mungkin membuatnya tidak nyaman. Atas dasar itu, tak sedikit orangtua yang enggan mengajak anak balitanya makan di luar karena takut mengganggu orang lain.

Namun, sebenarnya kita bisa membuat anak tenang di restoran. Berikut lima kiat di antaranya yang mungkin bisa dicoba.

1. Bawa keranjang bayi atau tempat duduk khusus anak balita. Tempat duduk khusus ini pun biasanya tersedia di setiap rumah makan. Duduk sendiri membuat anak jadi lebih leluasa bergerak ketimbang dipangku. Tempatkan si kecil di antara kursi Anda dan suami. Dengan begitu, Anda masih bisa menikmati makanan sambil tetap mengawasinya.

2. Libatkan dia dalam suasana. Ada anak yang rewel justru ketika ia melihat orang lain di sekitarnya makan, sementara ia tidak. Oleh karenanya, libatkan ia dengan memberinya makanan sendiri sehingga ia merasa jadi bagian dari grup.

Pilihan menunya bisa yang sesuai, seperti kacang merah, roti, buah-buahan, atau menu khusus untuk anak. Tempatkan makanan di piringnya sendiri, jadi seolah dia juga menikmati makanan seperti Anda dan yang lainnya. Bila perlu, bawa serta makanan ringan dari rumah.

3. Beri mainan. Di beberapa restoran atau rumah makan, tersedia beberapa jenis alat bermain, seperti pensil warna dan buku mewarnai. Bisa juga Anda bawa sendiri dari rumah sehingga si kecil bisa sibuk dengan dunianya sendiri saat mulai merasa bosan dan rewel. Saat ini anak juga bisa dialihkan perhatiannya dengan permainan yang ada di gadget dan memutar film atau musik yang ia sukai.

4. Cobalah lebih tenang. Kepanikan Anda menyikapi si kecil akan merembet ke mana-mana. Jadi, tetap berusahalah tenang dan jangan panik seolah tidak direpotkan oleh anak. Ingatlah, semakin tenang Anda, suasana menikmati makan malam di restoran akan menjadi lebih baik. Ini tidak hanya untuk Anda, tetapi juga setiap orang yang hadir.

5. Biarkan semua berinteraksi. Akan menjadi lebih menyenangkan bila saat pertama mengajak si kecil ke restoran, Anda bertemu teman-teman yang juga menyukai anak kecil. Buat anak merasa dilihat dan diberi perhatian.

Jadi, sebenarnya tidak perlu khawatir jika si kecil rewel bila diajak makan malam di luar.



Sumber yahoo.com
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X