Olahraga Bareng Hewan Peliharaan Lebih Menyehatkan

Kompas.com - 10/10/2013, 10:01 WIB
Olahraga bareng hewan kesayangan bisa mengurangi rasa bosan. ShutterstockOlahraga bareng hewan kesayangan bisa mengurangi rasa bosan.
|
EditorLusia Kus Anna

Kompas.com - Para pemilik anjing pasti memahami bahwa hewan lucu ini perlu olahraga. Tetapi daripada hanya membawanya berjalan-jalan, mengapa Anda tidak sekalian berolahraga bersama.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh tim dari National Research Study menemukan bahwa hewan peliharaan berkaki empat seperti anjing atau kucing yang obesitas juga beresiko menderita penyakit seperti halnya manusia. Kegemukan pada "si pussy", atau "si doggy" ini salah satunya karena mereka kurang bergerak.

Karena itulah tak ada salahnya jika mulai saat ini Anda mengagendakan olahraga bareng hewan kesayangan. Selain menyehatkan, kegiatan tersebut juga membuat Anda lebih semangat.

"Selain mencegah penyakit, rajin olahraga bareng juga akan mencegah rasa bosan dan berkurangnya energi. Olahraga bareng hewan peliharaan memiliki dua manfaat, baik untuk Anda dan hewan kesayangan, tapi juga bagi kesehatan mental," kata Dr.Louse Murray, dari ASPCA Animal Hospital.

Meski begitu, Murray menyarankan agar jenis olahraga yang dipilih disesuaikan dengan kondisi kesehatan tubuh. Jika Anda memiliki gangguan penyakit atau kegemukan, mulailah dengan kegiatan berjalan santai, lalu lama kelamaan ditingkatkan menjadi berlari.

Menghabiskan waktu dengan hewan kesayangan juga sejak lama diakui menjadi "mood booster" yang efektif untuk menurunkan stres. Bahkan, efek rasa tenang setelah bermain-main dengan hewan peliharaan dinilai lebih tinggi dibanding saat menghabiskan waktu dengan teman.

"Main dengan hewan kesayangan, entah itu anjing atau kucing, saat sedang stres bisa membuat kita lebih tenang dan relaks, ketimbang ngobrol dengan teman atau pasangan," kata James J.Blascovich, profesor psikologi dari University of California, Santa Barbara.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber Glamour
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X