Kompas.com - 10/10/2013, 18:45 WIB
|
EditorD. Syafrina Syaaf

KOMPAS.com – Masih ingat ungkapan yang dilontarkan oleh Harriet Morgan, ia mengatakan bahwa “Agar dianggap sepadan, seorang perempuan harus bekerja dua kali lebih keras dibandingkan pria.”

Mungkin banyak suara yang pro dan kontra mengenai ungkapan tersebut, tetapi jika melihat dari penelitian yang dilakukan oleh Yale University mengenai kinerja yang dinilai berdasarkan gender, rasanya ada benarnya juga.

Untuk melihat apakah ada perbedaan gender masih berpengaruh di dunia kerja, Yale University melakukan riset dengan melibatkan 75 pria dan 127 perempuan. Hasilnya, ketika pekerjaan berjalan dengan baik atu bahkan sukses, gender tidak dipermasalahkan.

Namun, ketika karyawan melakukan kesalahan, masalah gender akan dianggap oleh perusahaan sebagai penyebab seseorang menjadi tidak kompeten di profesi yang tidak sesuai gendernya.

Lalu, yang paling mengejutkan adalah ketika seorang perempuan memiliki profesi yang didominasi oleh pria, dan kemudian ia melakukan kesalahan, maka rekan kerja pria lebih sulit melupakannya. Selain itu, penilaian yang ditujukan kepada karyawan perempuan tersebut pun cenderung lebih keras.

Tetapi, ini tidak hanya berlaku pada karyawan perempuan saja. Perlakuan yang sama pun akan diterima oleh kaum pria, ketika mereka melakukan kesalahan dalam pekerjaan yang didominasi oleh para perempuan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.