Kompas.com - 11/10/2013, 09:33 WIB
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Cukup banyak karya-karya desainer lokal Indonesia seperti baju, sepatu, tas, dan aksesori tak kalah dengan buatan luar negeri. Justru jika diamati lebih dekat lagi, produk lokal memiliki ciri khas yang unik dan nilai seni yang lebih dibanding produk luar. Hanya saja kebanyakan desainer lokal ini belum mendapat apresiasi dari masyarakat.

Alasan inilah yang mendorong Andreas Thamrin untuk membuat portal belanja, Shopdeca.com. "Portal belanja ini punya tujuan untuk memajukan dan mengangkat karya-karya desainer lokal. Selain itu, kami juga ingin menawarkan pelanggan aneka barang yang unik dan tak ditemui di tempat lainnya," ungkap Andreas Thamrin, Founder Shopdeca.com kepada Kompas Female sesaat setelah pelucuran portal belanja online ini di The Ping Pong Lounge, Jakarta Selatan, Kamis (10/10/2013).

Desainer-desainer lokal yang dipilih kebanyak adalah desainer yang memiliki varian produk yang unik dan belum banyak dikenal masyarakat. Hal ini disebabkan  karena karya-karya mereka masih original, punya ciri khas yang kuat dan terbilang masih idealis.

Ia menambahkan bahwa portal belanja ini memiliki visi untuk membentuk komunitas yang berfokus pada kecintaan pada seni tanpa terpengaruh harga. Berbeda dengan online shopping lainnya, Shopdeca mengklaim dirinya sebagai curated e-commerce.

"Semua produk yang dijual di Shopdeca ini merupakan barang-barang unik buatan desainer yang sudah dikurasi oleh kurator kami. Jadi kami hanya menghadirkan berbagai barang terpilih dan terbaik saja," tambahnya.

Sekalipun bertujuan mengangkat desainer lokal, namun di sini Anda juga bisa belanja berbagai barang bermerk internasional. Dan sampai saat ini sudah ada 50 merk internasional dan lokal yang tergabung. Sebut saja, Herschel, Kite Design, Nixon, What About Yves, Some Are Thieves, Cut & Paste dan lainnya.

"Kami memutuskan untuk menjual produk kami di Shopdeca karena pangsa pasarnya sesuai dengan konsumen kami, yaitu anak muda dengan gaya yang unik namun simpel. Harapannya, dengan bergabung di portal ini, kami bisa semakin memperluas dan memudahkan konsumen untuk belanja produk kami," ungkap Chrystaline Lukman, Brand Manager Some Are Thieves kepada Kompas Female.

Ada lima kategori utama produk yang dijual di sini, antara lain men, women, teknologi, perlengkapan rumah, dan travel. Range produk yang dipasarkan di portal ini berkisar Rp 200.000- Rp 2 juta dan menyasar konsumen anak muda kalangan middle up dan pecinta seni.

Enaknya lagi, semua produk yang dijual di sini tidak dikenakan ongkos tambahan untuk pengiriman.  Di akhir tahun nanti, shopdeca akan menyediakan fasilitas pengiriman barang keluar negeri.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.