Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/10/2013, 23:05 WIB
Christina Andhika Setyanti

Penulis


KOMPAS.com — Anda pasti sudah tahu kalau body lotion adalah salah satu produk pelembab yang berfungsi untuk mencegah kulit menjadi kering. Namun, seiring berjalannya waktu, dengan aktivitas yang makin meningkat dan perubahan cuaca yang tak menentu, body lotion seharusnya turut mengalami perubahan, baik tekstur maupun formulasi di dalamnya.

"Meningkatnya aktivitas, cuaca, dan bertambahnya usia turut meningkatkan kebutuhan kulit tubuh seseorang," ungkap dr Eddy Karta, SpKK, saat peluncuran body serum di Jakarta beberapa waktu lalu.

Menurut sebuah survei yang dilakukan Vaseline dan BMI Research terhadap 200 perempuan urban di Indonesia, ternyata 93 persen merasa butuh perawatan lebih dari sekadar body lotion. Sayangnya, 7 dari 10 perempuan hanya mengganti merek losion yang mereka pakai untuk mendapatkan perawatan tambahan dari merek losion sebelumnya. Adapun 33 persen lainnya sudah mengerti bahwa mereka butuh jenis perawatan yang berbeda dari sekadar ganti merek losion.

Di pasaran sekarang ini, body lotion sudah ada pesaingnya, yaitu body serum (baca juga: "3 Jenis Pelembab Tubuh dan Fungsinya"). Body serum sebenarnya adalah losion yang diperkaya dengan tambahan konsentrat serum di dalamnya. "Serum biasanya akrab dengan perawatan wajah. Namun, serum sebenarnya juga bisa untuk tubuh," tambahnya.

Perbedaan body lotion dan body serum sebenarnya hanya terletak pada formulasi yang ada di dalamnya. Hanya, cara kerja body serum ini tidak sama seperti pelembab dalam losion pada umumnya.

Lalu, dr Eddy Karta menambahkan bahwa pelembab dalam losion ini berfungsi untuk menjaga kulit agar tetap terhidrasi sempurna dari bahaya luar (sinar matahari, debu, dan lainnya). Pelembab ini akan menciptakan lapisan pelindung di atas kulit sehingga menjaga lapisan pelindung alami kulit (protective barrier) agar tetap lembab. Lapisan inilah yang akan terasa di kulit dan terkadang terasa lengket.

Sementara itu, serum bertujuan untuk melindungi dan menghidrasi kulit. Hanya, serum tidak melindungi dengan cara menciptakan lapisan di atas kulit. Molekul-molekulnya yang lebih kecil membuat serum mudah diserap kulit.

Serum-serum seperti CLA, niacinamide, pro-retinol, AHA, dan oat ini akan terpenetrasi langsung ke dalam kulit sehingga kulit akan terlindungi dari dalam. Serum ini akan merangsang pembentukan protective barrier alami dari kulit. "Formulasi dengan serum ini juga tidak terasa lengket dan tebal seperti saat pakai losion biasa," paparnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com