Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Desain Barista Robot Wakili Indonesia di Kontes Asia

Kompas.com - 18/10/2013, 00:00 WIB
Rahman Indra

Penulis

 

 

 

KOMPAS.com - Setelah melalui penjurian ketat dari 554 desain yang berpartisipasi, para juri akhirnya memilih desain mesin kopi ‘my barista robot’ milik Dimas Rezky sebagai jawaranya. Dimas mengembangkan kreativitasnya, dengan membuat mesin kopi menyerupai robot yang berfungsi sebagai barista otomatis.

Selanjutnya, karya Dimas dan Erwin Budiarto yang menjadi favorit publik dengan vote terbanyak akan mewakili Indonesia di Asian Design Contest Nescafe Dolce Gusto, yang akan berlangsung di Tokyo, Jepang pada 26 Oktober 2013 mendatang.  

Dimas dan Erwin akan berkompetisi dengan 16 finalis lainnya, dari delapan negara yakni Jepang, Hong Kong, Korea, Malaysia, Filipina, Singapura dan Thailand.

Pengumuman pemenang dari kompetisi desain mesin kopi Genio Nescafe Dolce Gusto ini disampaikan Patrick Stillhart, Business Executive Manager Coffee Pt Nestle Indonesia, di Lotte Shopping Avenue, Jakarta, pada Kamis (17/10/2013). 

“Peminat kompetisi desain di Indonesia termasuk besar, dan semuanya menarik,” ujar Patrick.

Dimas Rezky yang sehari-hari berprofesi sebagai desainer freelancer, mengaku ini kali pertamanya ikut kompetisi. Berawal dari iseng karena ingin mendapat hadiah final ke Tokyo Jepang, dia mulai mencoba mendesain mesin kopi tersebut. Ide kreatifnya muncul, ketika sedang membayangkan mesin kopi yang berfungsi sebagai robot yang secara otomatis menakar sendiri kopi buatannya. Gagasan ini ternyata sejalan dengan moto yang diusung oleh mesin kopi Nescafe Dolce Gusto.

Sementara, Erwin Budiarto, mengaku sama sekali tidak ahli dalam desain. Dia memanfaatkan aplikasi yang ada di facebook untuk kemudian memberi pilihan warna yang cerah dan motif yang cheerful. Erwin beruntung, karyanya ini menjadi favorit dan mencapai 7.336 like di facebook.

 “Keduanya akan berkompetisi di tingkat Asia, dan desain dengan dukungan terbanyak akan diproduksi pada mesin Genio edisi terbatas di tahun 2014 dan akan dipasarkan di Asia,” ujar Irmawati Praharsi, Marketing Manager Nescafe Dolce Gusto.

Kontes desain mesin kopi ini bukanlah yang pertama. Menurut Irma, tahun 2012, ajang yang sama di digelar pertama kali di tingkat Eropa yang diikuti oleh 19 negara di Eropa. Waktu itu pemenang desain dari Portugal dan tahun ini, desain tersebut akan disosialisasikan dan diluncurkan di Eropa. Hal yang sama sedang diterapkan untuk kontes tingkat Asia ini.

Pemenang tingkat Asia akan diumukan dalam gelaran Tokyo Designer Weeks, yang termasuk acara tahunan bergengsi di Jepang, pada Sabtu (26/10/2013).

“Bagi saya menjadi juara di Indonesia suatu kebanggaan tersendri, namun saya juga berharap bisa menang di tingkat Asia,” ujar Dimas optimistis.

Publik Indonesia bisa memberikan dukungan pada wakil Indonesia ini dengan memberi tanda suka atau like di laman facebook dolcegustoid. Desain dengan suara terbanyak akan menjadi pemenang di tingkat Asia. *

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com