Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/10/2013, 09:25 WIB
Christina Andhika Setyanti

Penulis

KOMPAS.com - Asuransi tidak hanya memberikan produk perlindungan jiwa, kesehatan, atau pendidikan. Saat ini semakin banyak orang yang mengasuransikan benda-benda berharganya. Jika selebriti dan atlet bisa mengasuransikan bagian tubuhnya dalam nilai yang cukup fantastis, maka para penggiat fashion juga bisa mengasuransikan karya-karya mereka.

Hal ini nampaknya belum terlalu populer di Indonesia. Namun, salah satu desainer couture dan busana siap pakai Indonesia, Tex Saverio, sudah melakukan hal ini.

"Untuk beberapa gaun, memang saya asuransikan. Khususnya untuk gaun couture, kalau yang siap pakai tidak diasuransikan," ungkap Tex Saverio, kepada Kompas Female saat pembukaan buyer's room Jakarta Fashion Week 2014 di Senayan City, Kamis (17/10/2013) lalu.

Seperti diketahui, desain baju Tex bernuansa couture klasik yang bernuansa fantasi dan lengkap dengan detail yang banyak.  Gaun couture yang dibuatnya ini biasanya hanya satu buah saja, membutuhkan material yang mewah, mahal dan pengerjaan detail secara handmade yang sangat detail. Keistimewaan gaun-gaun inilah yang akhirnya membuat pria yang pernah membuat gaun untuk Lady Gaga dan Kim Kardashian ini akhirnya harus diasuransikan.

"Sayangnya tidak semua gaun saya ini bisa diasuransikan. Ada gaun istimewa saya yang baru akan launching (nantinya) ini tidak bisa dicover oleh asuransi karena nilainya terlalu mahal," jelas desainer yang baru-baru ini menggelar fashion show di Paris ini.

Selain karena jenis gaun dan desainnya, hal lain yang dipertimbangkannya saat harus mengasuransikan gaunnya adalah ketika gaun tersebut harus dikirim keluar negeri.

"Ketika gaun-gaun saya harus dikirim keluar negeri untuk dipinjamkan ke beberapa orang demi kepentingan promosi, tentu saja harus dicover asuransi mengingat pada risiko pengiriman keluar negeri yang cukup jauh dan bisa saja terjadi kerusakan".

"Asuransi ini tujuannya untuk menjamin "keselamatannya" baju-baju yang sudah dibuat dengan susah payah," papar desainer yang berkolaborasi dengan Trish Summervile untuk mendesain baju pengantin Katnis Everdeen (Jennifer Lawrence) di film terbaru Hunger Games: Catching Fire yang akan dirilis November mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com