Kompas.com - 22/10/2013, 14:02 WIB
Anak-anak bermain sepeda SHUTTERSTOCKAnak-anak bermain sepeda
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com – Olahraga bukan cuma diperlukan orang dewasa. Anak usia dini juga perlu beraktivitas fisik. Selain membuat mereka bugar, olahraga juga mendukung pertumbuhannya. Karena itu jangan ragu membuat mereka menggemari aktivitas fisik.

Aktivitas fisik sangat penting untuk membangun stamina, mempelancar aliran darah ke tubuh, memperkuat tulang dan otot, mengasah keseimbangan dan koordinasi. Tetapi pada usia ini, olahraga yang paling penting untuk mengembangkan keterampilan gerakan dasar, seperti berlari, melompat, melempar, menangkap, menendang, memanjat, dan sejenisnya, serta membangun kebiasaan sehat.

Dunia anak adalah dunia bermain, karena itu aktivitas olahraga bisa diselipkan dalam berbagai permainannya.

“Berbeda dengan olahraga yang dilakukan orangtua, Anda akan melihat anak-anak melakukan olahraga selama 30 menit tanpa berhenti. Mereka akan berlari-lari sekitar lima sampai 10 menit, berhenti, lalu lari lagi,” kata Faigenbaum, profesor kesehatan dan ilmu olahraga.

Dan begitulah cara mereka berolahraga. Anda tidak membutuhkan hitungan jantung yang tepat untuk mengontrol olahraga mereka. Yang penting mereka gembira melakukannya.

Ada beberapa aktivitas permainan yang bisa dijadikan kebiasaan untuk mendorong kebutuhan anak agar terus bergerak, misalnya mendorong mainan, berlari-lari kecil, bermain bola, naik turun dari sofa, atau mengayuh sepeda.

Pada anak yang lebih besar, Anda sudah bisa mengikutkannya ke pusat latihan, misalnya jika ia senang main bola tak ada salahnya mendaftarkannya ke sekolah bola. Kedisiplinan dan sportivitas dalam latihan olahraga akan menjadi bekal positif baginya di sekolah. Prestasi yang didapatkannya juga akan menambah rasa percaya diri anak.




Sumber Parenting
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X