Diet Rendah Karbohidrat Cara Terbaik untuk Langsing?

Kompas.com - 23/10/2013, 12:03 WIB
Ilustrasi makanan diet. ShutterstockIlustrasi makanan diet.
|
EditorLusia Kus Anna

Kompas.com — Kepopuleran Diet Atkins tampaknya belum akan berakhir. Beberapa selebriti mengakui mereka mendapatkan tubuh langsingnya setelah melakoni diet yang mewajibkan mengurangi karbohidrat ini.

Salah satu selebriti, Kim Kardashian, mengatakan, pola diet itu membantunya langsing kembali setelah melahirkan. Belum lama ini penelitian yang dilakukan tim dari Swedia juga menyebutkan bahwa cara terbaik untuk langsing adalah membatasi asupan karbohidrat.

Namun, para pakar diet mengatakan bahwa diet rendah karbohidrat seperti diet Atkins hanya efektif untuk jangka pendek.

"Jika Anda tak ingin gemuk dan mulai membatasi asupan kalori, cara ini dalam jangka pendek memang efektif mengurangi berat badan," kata Jonas Lindblom ketua peneliti dari Swedia.

Ditambahkan oleh Rebecca Scritchfield, pakar diet, membatasi karbohidrat saja tak akan membantu Anda memiliki tubuh langsing dalam jangka panjang.

"Sebenarnya diet rendah karbohidrat justru memicu berat badan naik turun atau disebut dengan diet yo-yo. Dalam jangka panjang ini justru mengganggu metabolisme," kata Scritchfield.

Ia menjelaskan, saat berat badan turun, massa otot dan juga lemak juga akan berkurang, tetapi saat berat badan naik kembali, yang bertambah hanyalah lemaknya.

Jika Anda ingin menurunkan berat badan yang efektif dalam jangka panjang, ia menyarankan agar Anda mulai menerapkan pola makan sehat.

"Ini berarti mengisi setengah piring dengan buah dan sayur, seperempat protein, dan seperempatnya karbohidrat, pada setiap waktu makan," katanya.

Imbangi juga dengan rutin berolahraga dan membatasi camilan yang tinggi kalori.

Diet rendah karbohidrat boleh saja dilakukan, terutama jika Anda butuh turun berat badan dalam waktu singkat. Misalnya dalam 3 bulan akan menikah. Namun, menjalankan gaya hidup sehat adalah yang kita butuhkan dalam jangka panjang.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X