Kompas.com - 24/10/2013, 14:41 WIB
Koleksi busana batik karya Lenny Agustin, dalam In the Wood. Koleksi busana batik karya Lenny Agustin, dalam In the Wood.
|
EditorSyafrina Syaaf

KOMPAS.com - Motif dan warna-warna batik Indonesia begitu beragam, mulai dari batik Jawa sampai batik Papua. 

Menurut Drs. H. Indra Riawan M.Hum, Kepala Museum Tekstil Jakarta, ciri-ciri setiap batik di indonesia bisa dibedakan dalam dua jenis, yakni batik pesisiran dan pedalaman.

"Untuk jenis batik pedalaman, coraknya monoton dan penuh motif-motif yang kental. Biasanya kalau di pedalaman lebih mengusung filosofi yang mereka pegang teguh dalam membuat motif batiknya," jelasnya dalam acara Talkshow Memperkenalkan Batik Kepada Anak Sejak Usia Dini yang diselenggarakan di Teater Pinisi Edutainment Park, Pasaraya Blok M lantai 9, Jumat (18/10/2013).

Sedangkan untuk jenis batik pesisiran motifnya lebih dinamis. Tidak mengikuti aturan yang ada di pedalaman. Warna-warna yang mereka hasilkan, disebabkan dari pengaruh lingkungan tempat tinggal mereka yang berdekatan dengan laut.

"Warna-warna yang dihasilkan juga lebih khas dengan warna cerah dan dinamis," tambahnya.

Sementara kalau motif batik pedalaman mereka pakai warna sogan, hitam, putih, dan cokelat, jadi lebih kalem dan lembut. Hal itu juga mencerminkan dari cara hidup mereka. Begitu juga sebaliknya pada jenis batik pesisiran.

Sekarang ini di museum tekstil sendiri ada 2500 batik dari Jawa sampai P apua. Dan juga, di museum tekstil tersedia pelatihan membatik, agar kegiatan ini menarik perhatian generasi muda, suasananya pun dibuat lebih menyenangkan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kami ingin warisan dunia ini bisa terus dipegang. Banyak orang berbusana batik, tapi tidak berbudaya. Jadi sekarang kita coba memasukkan makna di dalam itu semua dan makin mencintai batik," tandasnya. 



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.