Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/11/2013, 17:43 WIB
Christina Andhika Setyanti

Penulis

KOMPAS.com — Selama ini panggung busana Victoria's Secret (VS) selalu dipenuhi dengan "malaikat-malaikat" cantik, seksi, dan bertubuh proporsional. Satu yang pasti, mereka semua perempuan tulen. 

Namun, pernahkah membayangkan apa jadinya jika ada seorang model transjender yang didapuk menjadi Victoria's Secret Angel? Ini mungkin saja terjadi. Sebuah petisi yang dibuat warga Amerika meminta merek pakaian dalam terkemuka ini menggandeng Carmen Carrera sebagai model di fashion show VS pada tanggal 10 Desember 2013 mendatang. 

Karier Carmen Carrera sebagai model mulai menanjak setelah ia secara resmi mengumumkan dirinya sebagai seorang transjender di acara televisi RuPaul's Drag Race. Setelah acara ini, ia pun tampil di berbagai acara. Salah satunya menjadi model di Marco Marco Runway Show

Penampilan Carmen, kemampuannya berpose, dan kepercayaan dirinya mungkin saja memikat hati banyak orang, dan inilah yang membuat mereka ingin melihat model idolanya itu di panggung VS. Namun, permintaan ini nampaknya tak langsung disetujui pihak VS. 

Akhirnya, sebuah petisi The Change.org yang ditujukan kepada VS pun dibuat dan meminta VS menjadikan Carmen sebagai salah satu modelnya. 

Petisi ini berisi: "Petisi untuk VS ini adalah untuk menjadikan Carmen Carrera sebagai salah satu angel. Dengan menjadikannya sebagai angel, Anda akan membantu mengakhiri masalah femmephobia di kalangan kaum transjender. Selain itu, ini juga akan menunjukkan dukungan kepada kaum transjender bahwa Anda merangkulnya sebagai satu kawan."

Sampai saat ini telah terkumpul 23.000 orang yang menandatangani petisi dan mendukung Carmen. Melihat banyaknya reaksi fans, melalui akun Facebook-nya, Carmen menuliskan sebuah pesan, "Aku hanya ingin mengucapkan terima kasih yang begitu banyak untuk fans yang memulai petisi ini. Aku mencintai kalian! Mari kita sebarkan!" tulisnya. 

Jika petisi ini berhasil, maka Carmen akan menorehkan sejarah sebagai model transjender pertama yang diberikan "sayap" sebagai VS Angel. 

Ini bukanlah isu pertama terkait model transjender. Sebelumnya, model androgini, Andrej Pejic dari Serbia, tampil sebagai model busana laki-laki dan perempuan pada pentas peraga untuk koleksi Jean Paul Gaultier, 2011 lalu. Pada tahun yang sama, model transjender dari Brasil, Lea T, berhasil membuat sejarah ketika ia tampil sebagai model di halaman depan majalah Elle Brasil.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com