Warga Amerika Bikin Petisi untuk Model Transjender

Kompas.com - 08/11/2013, 17:43 WIB
Carmen Carrera sang model transgender DAILY MAILCarmen Carrera sang model transgender
|
EditorSyafrina Syaaf

KOMPAS.com — Selama ini panggung busana Victoria's Secret (VS) selalu dipenuhi dengan "malaikat-malaikat" cantik, seksi, dan bertubuh proporsional. Satu yang pasti, mereka semua perempuan tulen. 

Namun, pernahkah membayangkan apa jadinya jika ada seorang model transjender yang didapuk menjadi Victoria's Secret Angel? Ini mungkin saja terjadi. Sebuah petisi yang dibuat warga Amerika meminta merek pakaian dalam terkemuka ini menggandeng Carmen Carrera sebagai model di fashion show VS pada tanggal 10 Desember 2013 mendatang. 

Karier Carmen Carrera sebagai model mulai menanjak setelah ia secara resmi mengumumkan dirinya sebagai seorang transjender di acara televisi RuPaul's Drag Race. Setelah acara ini, ia pun tampil di berbagai acara. Salah satunya menjadi model di Marco Marco Runway Show

Penampilan Carmen, kemampuannya berpose, dan kepercayaan dirinya mungkin saja memikat hati banyak orang, dan inilah yang membuat mereka ingin melihat model idolanya itu di panggung VS. Namun, permintaan ini nampaknya tak langsung disetujui pihak VS. 

Akhirnya, sebuah petisi The Change.org yang ditujukan kepada VS pun dibuat dan meminta VS menjadikan Carmen sebagai salah satu modelnya. 

Petisi ini berisi: "Petisi untuk VS ini adalah untuk menjadikan Carmen Carrera sebagai salah satu angel. Dengan menjadikannya sebagai angel, Anda akan membantu mengakhiri masalah femmephobia di kalangan kaum transjender. Selain itu, ini juga akan menunjukkan dukungan kepada kaum transjender bahwa Anda merangkulnya sebagai satu kawan."

Sampai saat ini telah terkumpul 23.000 orang yang menandatangani petisi dan mendukung Carmen. Melihat banyaknya reaksi fans, melalui akun Facebook-nya, Carmen menuliskan sebuah pesan, "Aku hanya ingin mengucapkan terima kasih yang begitu banyak untuk fans yang memulai petisi ini. Aku mencintai kalian! Mari kita sebarkan!" tulisnya. 

Jika petisi ini berhasil, maka Carmen akan menorehkan sejarah sebagai model transjender pertama yang diberikan "sayap" sebagai VS Angel. 

Ini bukanlah isu pertama terkait model transjender. Sebelumnya, model androgini, Andrej Pejic dari Serbia, tampil sebagai model busana laki-laki dan perempuan pada pentas peraga untuk koleksi Jean Paul Gaultier, 2011 lalu. Pada tahun yang sama, model transjender dari Brasil, Lea T, berhasil membuat sejarah ketika ia tampil sebagai model di halaman depan majalah Elle Brasil.

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X