Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/11/2013, 09:11 WIB
Rahman Indra

Penulis

Sumber Shine

 

 

 

KOMPAS.com -  Begitu Kate Middleton muncul dengan rambut yang sedikit memutih di bagian atas kepala, semua perhatian mulai tertuju padanya mengingat usianya yang masih tergolong muda. Seperti halnya Kate, rasanya hampir setiap orang langsung merasa panik ketika menemukan satu atau dua helai uban di rambut.

Sejumlah peneliti yang melakukan studi tentang rambut beruban ini menemukan beberapa fakta menarik yang mungkin belum banyak diketahui mengenai uban. Berikut enam di antaranya.

- Uban merupakan kondisi normal karena bertambahnya usia. Para ahli punya sebutan khusus tentang fakta uban ini, yakni 50-50-50. Maksudnya ada 50 persen dari populasi, yang berpotensi 50 persen untuk memiliki uban di usia 50 tahun. Dr. Heather Woolery Llyod, dari University of Miami School of Medicine mengatakan, seperti juga kulit, rambut pun berubah teksturnya seiring bertambah usia.

- Warna kulit menentukan. Orang Kaukasia diyakini tumbuh uban lebih awal, diikuti orang Asia dan kemudian orang Afrika-Amerika. Kenapa bisa demikian, para peneliti masih belum menemukan sebab pastinya.

- Stres menjadi salah satu faktor penyebab munculnya uban. Dr. Roopal Kundu, associate professor di Northwestern University's Feinberg School of Medicine mengatakan, stres tidak hanya berdampak pada menurunnya elastisitas kulit tapi juga rambut. Selama menderita sakit, misalnya, orang juga mengalami masalah dan pertumbuhan rambut yang lambat. Mereka yang menjalani kemoterapi juga biasanya akan memiliki rambut yang tumbuh dengan warna berbeda.

- Gaya hidup berperan penting. Merokok akan memberi efek terhadap kulit dan juga rambut. Dr. Karthik Krishnamurthy, pakar dermatologi mengatakan menurunnya kadar vitamin B12 akan menyebabkan pigmen rambut berkurang. Salah satu solusi yang bsia dilakukan adalah mengkonsumsi makanan seperti wortel.

- Rambut dan warnanya adalah dua hal yang berbeda. Mesti dibedakan antara rambut dengan warnanya. Sel punca akan mempengaruhi rambut, sementara pigmen sel punca akan menentukan pigmen atau warna rambut. Pada dasarnya keduanya bekerja bersama-sama, namun kadang prematur. Saat ini sejumlah peneliti sedang meneliti apakah ada kemungkinan untuk memperlambat tumbuhnya uban.

- Uban bukanlah rambut yang berubah memutih namun memang ia rambut yang baru. Rambut pada dasarnya bertumbuh antara satu hingga tiga tahun. Seiring bertambah usia, ada rambut baru yang juga turut tumbuh. Setiap kali regenerasi ada kemungkinan pigmen pembentuk warna juga berganti menjadi putih.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Shine
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com