Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - Diperbarui 23/09/2022, 12:44 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

Sumber allure

KOMPAS.com -  Kulit bibir yang kering dapat membuat bibir menjadi kusam sehingga lipstik mahal yang kamu pulaskan tak akan banyak membantu.

Ada banyak faktor yang bisa membuat bibir menjadi kering, mulai dari dehidrasi, udara dingin, sampai mulut yang terus bergerak saat berbicara atau makan.

Baca juga: Tips Memakai Lipstik untuk Pemilik Bibir Kering, Bisa Tetap Cantik

Sebelum bibir menjadi kering dan bermasalah cegah dari sekarang.

- Aplikasikan lip balm. Untuk mereka yang bibirnya mudah kering, dianjurkan mengenakan lip balm lebih sering, bahkan bila perlu setiap ada waktu senggang.

- Pilih produk perawatan bibir yang benar-benar bekerja efektif. Jangan hanya karena tergiur dengan harga murah atau iklan yang menarik kamu langsung tergoda membeli.

Pilihlah yang formulanya melembapkan dengan bahan-bahan utama seperti petrolatum, shea butter, asam hialuronat atau dimethicone.

Baca juga: Cara Mencegah Bibir Kering Saat Berpuasa

- Lagi-lagi lip balm. Setelah berinteraksi dengan pasta gigi, pencuci mulut, produk pemutihan gigi, dan pembersih wajah, ada baiknya mengenakan lip balm.

Beberapa aktivitas tersebut bisa mengacaukan keseimbangan pH di sekitar mulut dan juga menyebabkan bibir menjadi kering.

Dermatologis Audrey Kunin menagtakan pemakaian lip balm setelah menggosok gigi atau membersihkan muka sangat dianjurkan.

- Jika ada yang mengelupas, bersihkan segera.Namun lakukan dengan lembut dan perlahan-lahan.

 

Baca juga: Perawatan Harian untuk Cegah Bibir Kering

Mengangkat kulit yang terkelupas di bibir bisa juga dilakukan dengan pasta gigi bayi atau krim mata.

Biasanya bahan yang terdapat di dalamnya lebih lembut daripada lip balm.

-Terakhir, bisa jadikan minyak zaitun atau minyak kelapa sebagai alternatif. Ini juga membantu seperti halnya mengaplikasikan lip balm.



Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber allure


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com