Kompas.com - 12/11/2013, 13:36 WIB
Penulis Rahman Indra
|
EditorLusia Kus Anna


KOMPAS.com — Teh dan kopi merupakan minuman populer yang memiliki penggemar fanatiknya sendiri-sendiri. Meski keduanya sama-sama mengandung kafein dan bisa membuat kita lebih rileks setelah meminumnya, tapi sebenarnya teh lebih disarankan untuk dikonsumsi ketimbang kopi.

Menurut ahli diet dan nutrisi, Julie Upton, cukup banyak studi yang mengungkapkan khasiat teh, mulai dari menurunkan berat badan sampai mengembalikan mood. Selain itu ada alasan lain mengapa kita harus lebih sering minum teh daripada kopi.

- Lebih produktif
Minum teh hijau akan membantu meningkatkan fokus dan konsentrasi sehingga kerja pun lebih produktif. Manfaat tersebut diperoleh dari kombinasi amino acidyang disebut L-theanine dan kafein di dalam teh yang menstimulasi produksi aktivitas otak.

- Lebih bahagia
Apa yang membuat Anda merasa bahagia? Melihat matahari tenggelam, dipuji oleh bos, atau membaca buku yang bagus. Menikmati teh juga membuat bahagia, karena L-theanine memicu hormon serotonin yang akan mendatangkan perasaan nyaman dan bahagia.

- Mengurangi berat badan
Adalah fakta bahwa mereka yang minum teh hijau tanpa gula memiliki tubuh yang lebih ramping. Rahasianya ada pada kandungan polifenol yang meningkatkan energi dan antioksidan catechin yang membantu metabolisme selama 24 jam. Setidaknya setiap orang yang minum teh hijau akan membakar 100 kalori.

- Membantu kesehatan tulang
Mencegah osteoporosis tidak hanya bisa dilakukan dengan rajin minum susu, tapi juga teh hijau.
Polifenol dalam teh akan meningkatkan produksi sel yang membentuk tulang. Antioksidan flavanol juga membantu kondisi tubuh selama masa menopause.

- Baik buat jantung
Teh diketahui dapat melancarkan sirkulasi darah dan menurunkan tekanan darah. Tambahkan sedikit madu jika ingin sedikit manis dan sajikan teh di sela kegiatan Anda untuk mendapatkan hidup sehat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Shine


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.