Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/11/2013, 12:15 WIB
Christina Andhika Setyanti

Penulis

Sumber Boldsky


KOMPAS.com —
Aduh, sudah tampil cantik-cantik tapi kok bau ketiak sih? Pasti bikin "ilfil". Tinggal di negara beriklim tropis dan lembab memang bisa membuat kita lebih sering berkeringat dan memicu timbulnya bau badan. Terkadang meski sudah rajin memakai deodoran dan parfum yang banyak tapi kurang ampuh juga untuk mengatasi si bau badan ini. Mungkin Anda perlu mencoba cara ini.

1. Pilih baju katun atau linen
Kalau sudah tahu Anda gampang berkeringat dan mengalami masalah bau badan, sebaiknya berhati-hatilah saat memilih baju. Salah pilih bahan baju bisa membuat bau tubuh Anda jadi semakin menjadi-jadi. Sebaiknya pilih baju yang terbuat dari bahan katun dan linen dibanding bahan sintetis (apalagi saat hari yang panas). Bahan tersebut akan menyerap keringat dan memberikan sirkulasi udara yang baik. Ini akan membantu menjaga ketiak tetap kering dan tak bau.

2. Jaga makanan Anda
Makanan yang disantap akan memengaruhi keringat dan bau tubuh Anda. Salah pilih makanan akan membuat keringat Anda jadi bau. Hindari makanan-makanan yang bisa menimbulkan bau menyengat seperti bawang putih, bawang merah, dan juga minuman berkafein.

3. Mencukur rambut ketiak
Mencukur bulu ketiak akan membantu mencegah adanya reaksi antara bakteri dengan keringat yang terkumpul di rambut ketiak. Anda bisa mencukur ataupun mencabut rambut ketiak ini dengan pinset.

4. Baking soda
Ini adalah cara yang paling popular dan simpel untuk menghilangkan bau tubuh tak sedap. Taburkan saja baking soda ke bagian ketiak setiap habis mandi.

5. Cuka
Selain baking soda, cuka adalah salah satu cara mudah untuk mengatasi bau ketiak. Oleskan cuka (sebaiknya cuka apel) dengan menggunakan kapas ke seluruh bagian ketiak. Cuka ini akan membantu mengontrol produksi keringat dan pertumbuhan kuman.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Boldsky
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com