Payudara Kecil Khawatir Produksi ASI Sedikit - Kompas.com

Payudara Kecil Khawatir Produksi ASI Sedikit

Kompas.com - 14/11/2013, 09:47 WIB
shutterstock Ilustrasi menyusui

TANYA :

Dear konselor AIMI, saya ingin bertanya, apakah payudara kecil produksi ASI juga sedikit? Saya kurang percaya diri dengan ukuran payudara kecil dan takut nanti tidak bisa menyusui bayi saya. Sekarang saya sedang hamil delapan bulan, dan ASI sudah keluar walaupun tidak banyak. Bagaimana ya solusinya?

(Dewi Nurjanah, 23, Jakarta)


JAWAB :


Hai ibu Dewi,
Senang sekali dengan semangat ibu untuk belajar tentang menyusui sejak masa kehamilan.
 
Ukuran dan bentuk payudara seringkali menimbulkan kekuatiran para wanita terkait dengan kemampuan mereka untuk menyusui. Sehingga beberapa wanita dengan payudara berukuran kecil merasa kurang percaya diri untuk menyusui bayinya.
 
Kalau boleh kita bahas sedikit tentang anatomi payudara, di dalam payudara kita ada bagian yang merupakan "pabrik ASI" yang berfungsi memproduksi ASI, kemudian ada saluran-saluran yang berfungsi mengalirkan ASI dari "pabrik ASI" ke puting, dan juga ada jaringan lemak. Lemak inilah yang mempengaruhi ukuran payudara kita.
 
Adapun mekanisme produksi ASI sangat dipengaruhi oleh seberapa sering payudara dirangsang untuk mengeluarkan ASI dengan cara disusukan ke bayi atau diperah. Sedangkan kelancaran aliran ASI sangat dipengaruhi kondisi psikologis ibu. Semakin rileks dan percaya diri ibu, ASI akan mengalir lebih lancar. Kedua mekanisme ini dipengaruhi oleh dua hormon menyusui yaitu hormon prolaksin dan oksitosin.

Selengkapnya bisa dibaca pada link ini http://bit.ly/TLDKEP.
 
Nah, dari penjelasan di atas bisa kita lihat bahwa ukuran payudara tidak memengaruhi kemampuan payudara dalam memproduksi ASI. Karena jaringan lemak yang mempengaruhi ukuran payudara tidak mempengaruhi mekanisme produksi ASI.
 
Kalau saat ini, semasa hamil, payudara ibu sudah mengeluarkan ASI, itu karena ASI telah dipersiapkan sejak usia kehamilan 16-22 minggu. Setelah melahirkan nanti, begitu plasenta keluar dari rahim ASI otomatis akan keluar.

Inisiasi Menyusu Dini dan rawat gabung merupakan upaya yang akan sangat membantu kelancaran menyusui di awal persalinan, karena bayi akan mendapat kesempatan menyusu segera dan semau bayi, sehingga payudara akan dirangsang untuk mengeluarkan ASI sesuai kebutuhan bayi.
 
Demikian, semoga membantu.

Rachmadhani Yuniarco (Konselor Menyusui – Ketua AIMI Jawa Tengah)


EditorWardah Fajri
Komentar
Close Ads X