Beras Ampuh Atasi Kaki Lecet karena Sepatu Baru

Kompas.com - 18/11/2013, 09:19 WIB
Awas, sepatu baru bisa membuat kaki Anda jadi lecet ShutterstockAwas, sepatu baru bisa membuat kaki Anda jadi lecet
|
EditorSyafrina Syaaf

KOMPAS.com — Asyik punya sepatu baru... Tapi tunggu dulu, jika kulit Anda termasuk tipe sensitif, maka mengenakan sepatu baru bisa mengakibatkan lecet ringan, yang berasal dari gesekkan antara material sepatu dengan kulit kaki Anda.

Luka kecil sih memang, tapi hati-hati kalau tidak diobati, lukanya akan membekas dan memengaruhi keseluruhan tampilan kaki Anda. Berikut beberapa tumbuhan alamiah yang dapat mengatasi bekas luka ringan.

 
1. Kunyit dan daun nimba
Kombinasi kedua bahan ini adalah solusi terbaik untuk mengobati luka karena sepatu baru, sebab dapat membuat luka jadi kering sempurna. Ambil beberapa daun nimba segar kemudian haluskan dengan sedikit air. Lalu, tambahkan satu sendok makan kunyit bubuk ke dalam campuran. Akhiri dengan mengoleskan ramuan alamiah ini di tumit dan diamkan selama 20 menit, lalu bilas.

2. Lidah buaya
Terkadang, gesekan sepatu baru ini menyebabkan perih seperti terbakar. Jika merasakan rasa sakit yang demikian, oleskan saja lidah buaya ke bagian yang luka. Sedangkan untuk luka terbuka, gunakan lidah buaya gel atau getah dari daun lidah buaya di sekitar luka. 

3. Beras
Untuk menghilangkan luka dengan cepat, beras memiliki khasiat efektif untuk meredakannya. Apalagi bila luka tersebut berpotensi meninggalkan bekas. Caranya, ambil beras dengan takaran satu cup, kemudian tambahkan sedikit air dan haluskan sampai membentuk pasta yang mengental. Oleskan di bagian yang luka, diamkan 15 menit sampai mengering. Selanjutnya, bilas dengan air hangat.

4. Almond dan olive oil
Campurkan minyak almond dengan olive oil. Kemudian oleskan dan pijat sebentar selama 10-15 menit sampai otot di bagian tumit agak melemas.

5. Madu
Madu memang kaya manfaat terutama untuk menghaluskan kulit, beberapa di antaranya menghilangkan bekas luka yang sudah mengering.



Sumber Boldsky
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X