Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/11/2013, 15:32 WIB

KOMPAS.com - Saat mandi, sebenarnya ada beberapa area di tubuh yang luput dari perhatian. Padahal, bagian ini ikut turut berpengaruh pada impresi kebersihan dan kesehatan tubuh Anda.  Berikut penjelasannya!

Kuku

Waktu paling ideal untuk membersihkan kuku kaki dan tangan adalah sesaat setelah mandi. Saat ini kutikel, kuku dan kulit di sekitarnya, sedang dalam kondisi lembap dan bertekstur lunak, sehingga lebih mudah dipotong, dikikis dan dibersihkan. Akhiri ritual ini dengan mengoleskan losion khusus kuku dan tangan.

Tumit kaki

Saat akan memakai strappy shoes, sandals atau flip flop, barulah tersadar betapa jorokonya kondisi  tumit di bawah sana. Padahal kulit yang menebal, mengelupas atau pecah-pecah bisa dicegah sejak dini dengan rajin melakukan exfoliating saat mandi. Caranya juga sangat mudah, cukup menggosokkan tumit kaki dengan sedikit garam basah dan batu apung berpermukaan kasar. Setelah bersih, rendam kaki dalam air hangat, keringkan dan sapukan losion khsusu kaki dan tumit untuk menetralkan kulit dan mengembalikan kelembapannya.

Siku dan lutut

Kulit di kedua area ini umumnya lebih gelap karena pigmentasi. Dan tampilannya semakin diperburuk, oleh letaknya yang berada di persendian dan lipatan kulit. Sehingga, mengoleskan pelembap yang mengandung minyak almond dan oatmeal scrub sangatlah dianjurkan. Tak lain agar permukaannya lebih halus, cerah dan lebih lembut.

Punggung

Jangan lupa gunakan shower puff atau loaf untuk menjangkau punggung atau area sulit lainnya di tubuh. Untuk mengoleskan body butter atau moisturizer lotion rmintalah bantuan teman dekat atau saudara. Jangan lupa ikuti dengan pijatan ringan agar sirkulasi darah di punggung berjalan lancar, sehingga lain waktu Anda mengenakan gaun seksi di bagian belakang, Anda tampil percaya diri. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com