Bagaimana Cara Melawan Kesepian?

Kompas.com - 21/11/2013, 10:30 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi
|
EditorSyafrina Syaaf
KOMPAS.com — Kesepian itu milik semua orang. Orang bisa saja merasa kesepian karena kehilangan kekasih, teman atau pekerjaan. Tapi kalau tidak bisa diatasi, kesepian bisa membunuh.

Menurut Dr Phillip Shaver, profesor psikologi pada University of Denver di AS, kunci menanggulangi kesepian adalah dengan memfokuskan diri terhadap perasaan orang lain, minat orang lain, serta kebutuhan orang lain sambil mencoba melupakan kesulitan diri sendiri.

Menonton TV tidak bisa mengatasi perasaan terisolasi. Ungkap Shaver, "Orang yang kesepian menonton televisi untuk selingan, sebagai alternatif kehidupan sosial. Namun, begitu mereka mematikan TV, interaksi pun turut mati. Mereka tidak pernah berpartisipasi dalam apa pun."

Shaver juga menyarankan agar orang-orang yang kesepian itu mengikuti kegiatan sebuah kelompok yang mempunyai kesamaman-kesamaan dengan pribadinya, entah itu di bidang politik, masak, atau kegiatan keagamaan.

"Anda berhubungan dengan mereka yang mempunyai nilai yang sama dan Anda bisa mengembangkan persahabatan yang kokoh."

Studi itu juga mengemukakan bahwa orang yang kesepian biasanya takut sendirian. "Mereka tidak terbiasa melihat segi positif dari kesendirian seperti waktu istirahat, merenung, atau mendengarkan musik," kata Shaver. "Orang yang tahu cara mengisi kesendirian biasanya tidak terlalu merasa kesepian."

Dr Ladd Wheeler, profesor psikologi pada University of Rochester, juga melihat adanya pengaruh kesepian terhadap emosi dan fisik seseorang. "Wanita tampaknya lebih kesepian daripada pria. Namun, itu mungkin karena pria selalu menjaga citra keperkasaan dan pria percaya seorang maskulin tidak pantas memperlihatkan kesan kesepian," katanya.

Wheeler menyimpulkan bahwa untuk menanggulangi kesepian, seseorang harus belajar mengembangkan kemampuan bersosialisasi. "Kita harus belajar cara mengekspresikan diri terhadap masalah dan kehidupan orang lain, cara untuk menjadi lebih tegas, dan menjadi pendengar yang baik."

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X