Rahasia Memasak Tempura yang Gurih dan Renyah

Kompas.com - 22/11/2013, 14:55 WIB
Air soda bisa membuat adonan tempura jadi lebih ringan dan renyah. SHUTTERSTOCKAir soda bisa membuat adonan tempura jadi lebih ringan dan renyah.
|
EditorSyafrina Syaaf

KOMPAS.com – Mungkin Anda sering mengira bahwa memasak gorengan, atau dalam bahasa Jepang disebut juga dengan tempura, terlihat mudah dan tidak menyita banyak waktu. Tetapi, ternyata  mengolah gorengan agar hasilnya garing dan sedap, tidak semudah yang Anda kira.

Menurut Chef Dedy Sumarga dari Midori Japanesse Restaurant, untuk menghasilkan tempura yang renyah dan garing, yang harus diperhatikan adalah pemilihan bumbu tepung, kuning telur dan air es! Ketiga bahan tersebut merupakan ‘rahasia’ lezat dari olahan tempura, agar memiliki citarasa yang sedap dan gurih.

 “Tepung tempura sudah pasti diperlukan. Namun terkadang orang sering melupakan penggunaan airnya, dalam adonan tepung sebaiknya memang menggunakan air es, karena akan menciptakan tempura yang renyah,” tuturnya kepada KompasFemale,  ketika ditemui pada acara Japan Culinary Week 2, yang berlangsung di Midori Japanese Restaurant, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Lalu, khusus untuk telur, Chef Dady menyarankan untuk hanya menggunakan kuning telurnya saja. “Kuning telur membantu agar adonan tempura tidak menjadi keras. Sehingga saat digoreng, bubuk kremes yang dihasilkan lebih lembut,” tandasnya.

Nah, sekarang setelah mengetahui rahasia kenikmatan tempura, apakah tergiur untuk mencobanya? Dibandingkan, menghabiskan waktu di mal, lebih baik bereksperimen membuat kudapan ringan ini!  



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X