Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/11/2013, 14:55 WIB


KOMPAS.com —
Sedang diet? Jauhilah nasi putih. Mengapa? Nasi mengandung indeks glikemik yang tinggi.

Indeks glikemik atau glycemic index (GI) adalah ukuran kecepatan makanan diserap menjadi gula darah. Semakin tinggi GI suatu makanan, maka semakin besar dampaknya terhadap kenaikan gula darah. Gula darah naik berpotensi menimbulkan berbagai penyakit termasuk obesitas. Kadar normal GI adalah di bawah 70. Sementara itu, GI pada nasi mencapai 88-89.
   
Bukan hanya kadar GI lebih rendah dari nasi, beberapa bahan di bawah ini dijadikan pengganti nasi untuk variasi bekal Anda ke kantor.

Pasta
Indeks GI pasta hanya 4,1, hampir sama dengan buah pir. Mengandung tinggi asam folat, rendah lemak, bahkan kandungan glukosanya lebih rendah dari berbagai jenis roti. Namun, pilih saus yang sehat untuk menjadikan pasta pengganti nasi yang sehat pula. Buat saus tomat sendiri yang diberi bumbu segar dan bukan saus kemasan.

Jagung
Sumber karbohidrat yang kaya antioksidan. Selain mengandung vitamin B, serat, dan mineral, pigmennya bagus untuk mata dan paru-paru. Pilih jagung organik untuk menghindari kontaminasi pestisida. Sebagai bekal, bisa membawa jagung rebus sebagai pengganti nasi yang disantap dengan lauk, atau dijadikan bahan sup.

Kentang
Bahan yang satu ini mengandung pati resisten yang membantu pembakaran lemak dalam tubuh. Artinya, zatnya lama dicerna dan diserap sehingga memicu tubuh untuk membakar lebih banyak lemak. Selain itu, kentang mengandung vitamin C, B, zat besi, kalium, kalsium, dan serat. Masukan kentang dalam sup, direbus sebagai pengganti nasi, atau bisa juga dilumatkan menjadi mashed potato yang lezat. Hindari kentang goreng ya.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com