Makanan Pengganti Nasi Saat Diet

Kompas.com - 23/11/2013, 14:55 WIB
Salah satu hidangan pasta ShutterstockSalah satu hidangan pasta
EditorLusia Kus Anna


KOMPAS.com —
Sedang diet? Jauhilah nasi putih. Mengapa? Nasi mengandung indeks glikemik yang tinggi.

Indeks glikemik atau glycemic index (GI) adalah ukuran kecepatan makanan diserap menjadi gula darah. Semakin tinggi GI suatu makanan, maka semakin besar dampaknya terhadap kenaikan gula darah. Gula darah naik berpotensi menimbulkan berbagai penyakit termasuk obesitas. Kadar normal GI adalah di bawah 70. Sementara itu, GI pada nasi mencapai 88-89.
   
Bukan hanya kadar GI lebih rendah dari nasi, beberapa bahan di bawah ini dijadikan pengganti nasi untuk variasi bekal Anda ke kantor.

Pasta
Indeks GI pasta hanya 4,1, hampir sama dengan buah pir. Mengandung tinggi asam folat, rendah lemak, bahkan kandungan glukosanya lebih rendah dari berbagai jenis roti. Namun, pilih saus yang sehat untuk menjadikan pasta pengganti nasi yang sehat pula. Buat saus tomat sendiri yang diberi bumbu segar dan bukan saus kemasan.

Jagung
Sumber karbohidrat yang kaya antioksidan. Selain mengandung vitamin B, serat, dan mineral, pigmennya bagus untuk mata dan paru-paru. Pilih jagung organik untuk menghindari kontaminasi pestisida. Sebagai bekal, bisa membawa jagung rebus sebagai pengganti nasi yang disantap dengan lauk, atau dijadikan bahan sup.

Kentang
Bahan yang satu ini mengandung pati resisten yang membantu pembakaran lemak dalam tubuh. Artinya, zatnya lama dicerna dan diserap sehingga memicu tubuh untuk membakar lebih banyak lemak. Selain itu, kentang mengandung vitamin C, B, zat besi, kalium, kalsium, dan serat. Masukan kentang dalam sup, direbus sebagai pengganti nasi, atau bisa juga dilumatkan menjadi mashed potato yang lezat. Hindari kentang goreng ya.


Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X