Pilih Salmon Segar, Perhatikan Mata dan Sisiknya

Kompas.com - 30/11/2013, 14:13 WIB
Ikan salmon ShutterstockIkan salmon
|
EditorLusia Kus Anna


KOMPAS.com –
Tak ada yang menyangkal manfaat salmon bagi kesehatan. Ikan yang merupakan satu famili dengan ikan trout ini mengandung mineral, protein, asam lemak omega 3 dan 6, serta berbagai vitamin.

Meski ikan salmon tidak kita temui di perairan Indonesia, tetapi tak sulit mendapatkan ikan ini di pasaran. Yang perlu kita lakukan adalah mengetahui cara memilih ikan salmon berkualitas baik.

Menurut Sugiyanto Wibawa, Chief Operating Officer Ranch Market, seperti halnya jenis ikan lain, segar tidaknya ikan salmon bisa dilihat dari matanya. Mata ikan haruslah terlihat bersinar dan jernih.

“Memang kebanyakan salmon yang dijual di supermarket itu sudah di potong. Tapi Anda juga bisa melihatnya dari warna daging ikan salmon itu. Dagingnya kelihatan bergaris tegas dengan warna oranye cerah," ujarnya dalam acara Shopping Rally & Cooking Competition" yang diselenggarakan di Ranch Market Pesanggrahan, Jakarta Barat, Sabtu (30/11/2013).

Selain itu, ikan salmon yang segar memiliki warna kemerahan pada bagian insangnya. Kulit salmon yang segar akan tampak lembab dan sisiknya berkilau.

Ikan salmon yang segar tidak akan menimbulkan aroma bau anyir atau amis. “Kalau salmon tercium bau amis, itu berarti ikannya tidak segar, atau bisa jadi proses pembawaan ke tempatnya kurang benar,” imbuhnya.

Langkah terakhir dalam memilih ikan salmon yang segar yaitu potongan daging salmon fillet tidak mengandung air. “Ikan yang mengandung air itu sudah dipastikan tidak baik, dan sudah terkontaminasi lingkungan,” tandasnya.


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X