Memahami Sifat Anak Berdasarkan Urutan Lahirnya

Kompas.com - 02/12/2013, 16:44 WIB
Ilustrasi kakak beradik. ShutterstockIlustrasi kakak beradik.
|
EditorLusia Kus Anna

Kompas.com — Menghadapi pertengkaran si adik dan si kakak memang bisa membuat kita kesal dan habis kesabaran. Akan tetapi sebelum memarahi atau menghukum anak, ketahui dulu sifat-sifat anak berdasarkan urutan lahirnya. Dengan demikian kita bisa menentukan tindakan yang tepat dalam menghadapi ulah si kecil.

Anak sulung

Keuntungan: Mendapatkan seluruh perhatian dari orangtuanya sehingga bisa mendorongnya mencapai kesuksesan.

Tantangan: Apa yang menjadi kelebihan si sulung juga bisa menjadi penghambatnya. Misalnya saja, anak yang terlahir dengan bakat memimpin bisa memiliki kesulitan dalam berteman jika ia suka bersifat bossy.

Anak pertama juga cenderung perfeksionis karena mereka memberi target yang besar pada dirinya sendiri untuk sukses. Sifat ini juga bisa muncul karena mereka selalu diawasi orangtuanya sehingga sering fokus pada hal-hal kecil.

Sikap orangtua: Hindari selalu mengoreksi kesalahan anak yang sifatnya minor. Misalnya, jika dalam membereskan kamar spresinya kurang rapi tak perlu langsung merapikannya. Beri penghargaan pada usahanya dengan mengatakan "usaha yang bagus".

Tunjukkan pada anak bahwa sebagai orangtua terkadang Anda berbuat salah dan tak perlu malu minta maaf. Terima pujian dengan tulus, minta maaf jika membuat salah, dan biarkan anak memahami terkadang sesuatu tidak berjalan sesuai rencana.

Anak tengah

Keuntungan: Anak yang memiliki kakak dan juga adik bisa memetik pelajaran dari orang lain, merasa punya panutan dan juga teman bermain. Seperti anak sulung, ia juga punya potensi menjadi pemimpin dan membangun kepercayaan diri. Sebagai satu dari tiga atau lebih anak, ia akan belajar untuk berbagi, mendengarkan, dan bermain bersama.

Tantangan: Anak tengah terkadang merasa diabaikan, mereka juga sering merasa cemas dan tidak aman. Jika selama masa kanak-kanak mereka selalu merasakan ini, biasanya mereka jadi anak yang penakut.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber Parenting
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X